Transplantasi Karang di Desa Pengudang Wujud Pengabdian Mahasiswa Untuk Laut

0
69

Laut merupakan sahabat bagi kehidupan manusia yang ada di pesisir pantai hingga perkotaan. Kondisi lingkungan laut yang sehat menggambarkan begitu beragamnya spesies makhluk hidup yang berasosiasi didalamnya tak hayal peran manusia juga sangat mempengaruhi keberadaan mereka.

Pemanfaatan laut satu arah secara terus menerus menjadikan alam harus mengembalikan kondisinya sendiri, aktivitas pemanfaatan laut yang salah justru akan merusak dan mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada di laut baik ikan, lamun hingga terumbu karang.

Kerusakan terumbu karang biasanya diakibatkan oleh aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, pemanasan global hingga faktor lingkungan lain. Berangkat dari rasa kepedulian terhadap lingkungan ini mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH yang tergabung dalam organisasi selam Ocean Blue Diving Club (OBDC) melakukan kegiatan transplantasi karang. Diharapkan dari kegiatan ini dapat mengembalikan kondisi pesisir pantai menjadi lebih baik.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari dimulai dari tanggal 14 sampai 15 April 2018 ini diharapkan mampu meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa FIKP UMRAH terhadap lingkungan. Kegiatan yang berlokasi di pantai Desa pengudang merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara Member Training. Member Training merupakan agenda bulanan OBDC dalam meningkatkan kemampuan renang dan penyelaman laut.

“Hujan yang turun dan gelombang yang kuat saat itu bukanlah halangan bagi kami untuk melakukan transplantasi karang. Hal kecil yang kami lakukan mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi pantai di desa pengudang secara cepat namun dari kegiatan inilah kita dapat menyadarkan bahwa alam juga ciptaan Tuhan yang harus kita cintai” pesan sekretaris OBDC Iqbal Edmanda Noari Lubis.

Semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh OBDC memberikan dampak bagi keseimbangan ekosistem laut dan tentunya menjadi motivasi bagi organisasi-organisasi lain untuk melaksanakan kegiatan sejenis. Usaha bersama yang berlandaskan kepedulian merupakan awal terjaganya kelestarian lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here