Dosen FIKP UMRAH hadiri Workshop Evaluasi RHM 2019, Sosialisasi Protokol Data Ekosistem Pesisir dan BIMTEK CRMIS COREMAP

0
232

Dosen FIKP UMRAH yang diwakili oleh Risandi Dwirama Putra, ST., M.Eng (Dosen Jurusan Ilmu Kelautan) dan Dedy Kurniawan, S.Pi., M.Si (Dosen Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan) menghadiri Workshop Evaluasi Reef Health Monitoring (RHM) 2019, serta Sosialisasi Protokol Data Ekosistem Pesisir dan Bimbingan Teknis Coral Reef Management Information System (CRMIS) dan Coral Reef Management Program (COREMAP) yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI) di Hotel Jambuluwuk Malioboro, Yogyakarta pada tanggal 18 – 21 Desember 2019.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan diseminasi dan evaluasi hasil Reef Health Monitoring (RHM) tahun 2019, yang telah dilaksanakan di 17 lokasi di Indonesia. Kegiatan RHM ini dilakukan oleh P2O LIPI bekerjasama dengan 7 universitas di Indonesia, diantaranya Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Diponegoro, Universitas Bung Hatta dan Universitas Mataram. Di tahun 2019, Universitas Maritim Raja Ali Haji melakukan kegiatan RHM di Kabupaten Natuna yang dilakukan di 19 site untuk ekosistem terumbu karang, 9 site untuk ekosistem mangrove, dan 4 site untuk ekosistem padang lamun.

Dalam sambutannya Kepala Puslit Oseanografi LIPI, Dr. Augy Syahailatua M.Sc menyampaikan arahan terkait manfaat data Reef Health Monitoring (RHM) yang telah dilaksanakan dari tahun 1998 hingga 2019, telah memiliki banyak manfaat dan menjadi apresiasi oleh World Bank (WB) pada acara General Meeting 34th International Coral Reef Initiative di Townsville, Queensland State, Australia.

Ketua Panitia Acara sekaligus Koordinator RHM 2019 Tri Aryono Hadi, M.App.Sc menyampaikan hasil evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan di 17 lokasi, serta hasil luaran yang telah dilaksanakan diantaranya buku dan publikasi internasional. Diakhir laporannya beliau menyampaikan evaluasi penyelenggaraan kegiatan serta sosialisasi kegiatan yang dilakukan dalam program COREMAP CTI LIPI, antara Pusat Penelitian Oseanografi dan Universitas perlu dilakukan untuk mencapai penguatan kelembagaan yang terintegrasi dalam pengelolaan secara berkelanjutan (Ipp).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here