Pengenalan Jasa Ekosistem Pesisir di SMAN 1 Bintan Timur

0
31

Kamis 10 Oktober 2020 Dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMAN 1 Bintan Timur dengan judul Pengenalan Jasa Ekosistem Pesisir.

Kegiatan ini dilakukan Dosen penerima dana hibah LP3M UMRAH yaitu Khairul Hafsar (Ketua, Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan), Khairunnisa (anggota, Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan) dan Aditya Hikmat Nugraha (anggota,Jurusan Ilmu Kelautan) serta melibatkan dosen lain yaitu Wahyu Muzammil (Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan), Aminatul Zahra (Budidaya Perairan) dan Yulia Oktavia (Teknologi Hasil Perikanan). Selain dosen kegiatan ini juga mengikutsertakan mahasiswa dari jurusan Ilmu Kelautan yaitu Anton (angkatan 2017).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi pentingnya jasa ekosistem pesisir bagi kehidupan. Siswa dan Siswi Sekoloah Menengah Atas merupakan mitra utama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarat yang di lakukan di Kabupaten Bintan.

Kabupaten Bintan dipilih karena memiliki ekosistem pesisir yang lengkap dan terjaga kelestariannya sehingga menjadi penting untuk tetap dilestarikan melalui pengenalan terhadap peran dan fungsi dari ekosistem tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan beberapa tahanap yaitu metode ceramah dengan menggunakan power point yang dipresentasikan langsung kepada siswa dan siswa SMAN 1 Bintan Timur yang ikut dalam kegiatan ini.

Selain mendengarkan presentasi, siswa dan siswi juga menonton video terkait dengan jasa ekosistem pesisir. Akhir rangkaian acara ditutup dengan lomba membuat poster secara berkelompok dan ditentukan 3 pemenang yang akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan. Untuk mengukur kemampuan pemahaman mahasiswa maka dilakukan pre test dan post test sehingga mendapatkan hasil pengukuran yang diinginkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here