FIKP-UMRAH Gelar Workshop dan Lokakarya Mutu Akademik

0
2301

Tanjungpinang (7/12), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) menggelar workshop dan lokakarya terkait dengan mutu akademik dan akreditasi. Kegiatan ini dilakukan di Aston Tanjungpinang Hotel dan Conference pada tanggal 5-6 Desember 2020.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Prof. Agung Dhamar Syakti, S.Pi. DEA. (Rektor UMRAH) dan dihadiri oleh Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si (Dekan FIKP), Azwin Apriandi, S.Pi., M.Si (Wakil Dekan I bidang Akademik dan Kemahasiswaan), serta Fadhliyah Idris, S.Pi., M.Si (Wakil Dekan II bidang Umum dan Keuangan).

Narasumber pada kegiatan ini yakni Dr. Ir. Iqbal Djawad,  M.Si, dan Dr. Ir. Alfa Filep Petrus Nelwan dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Pemateri pertama disampaikan oleh Dr. Ir. Alfa Filep Petrus Nelwan terkait dengan kurikulum dan sistem penjamin mutu internal. Pemateri kedua disampaikan oleh Dr. Ir. Iqbal Djawad,  M.Si, terkait dengan Instrumen dan Sistem Akreditasi Program Studi.

Kegiatan ini diikuti oleh Kajur dan Sekjur serta Dosen di lingkungan Prodi FIKP, Kabag dan Kasubag TU FIKP, Staf Laboratorium, Staf PDPT, Dinas-dinas terkait, perwakilan Fakultas Ekonomi, serta berbagai stakeholder yang berkerjasama dengan FIKP-UMRAH. Dinas-dinas terkait yang hadir yakni Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. KEPRI, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bintan, Balai Benih Ikan Pengujan. Stakeholder yang hadir diantaranya Banyan Tree Resort, Nikoi and Cempedak Island Resort, Yayasan Ekologi, dan Kampung Teripang. Kegiatan ini juga dilakukan secara daring via zoom meeting dan diikuti oleh peserta dari berbagai Universitas di Indonesia diantaranya; Universitas Papua, Universitas Haluoleo, serta Universitas Riau.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop dan memberikan tanggapan serta pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi workshop. Peserta yang mengikuti kegiatan via zoom meeting juga memberikan tanggapan terkait dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. Para peserta memberikan pertanyaan terkait dengan peningkatan mutu akademik, instrumen akreditasi Prodi, serta hal-hal lain terkait dengan peningkatan mutu pendidikan di lingkungan universitas maupun program studi.

Materi yang disampaikan terkait dengan Akreditasi disambut baik oleh seluruh peserta yang sebagian besar berasal dari Prodi yang akan melakukan akreditasi, terkhusus bagi Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan dan Prodi Magister Ilmu Lingkungan FIKP-UMRAH. Materi Standar dan kriteria instrumen BAN PT sebelum dan sesudah SN dikti 2015 (Permenristekdikti No. 44 2015) yang awalnya 7 standar menjadi 9 standar menjadi pokok pembahasan yang mendapatkan respon dari para peserta.

Para Stakeholder turut andil dalam memberikan masukan untuk kemajuan proses akademik dan sistem pembelajaran di FIKP-UMAR. Masukan yang diberikan terkait dengan peningkatan kemampuan para mahasiswa terutama terkait dengan softskill yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Penguasaan bahasa asing, penguasaan sistem informasi dan komputasi, penerapan keilmuan dan penguasaan praktek lapangan, serta kreatifitas mahasiswa dalam pelaksanaan magang/praktek kerja lapangan menjadi usulan yang disampaikan untuk peningkatan kemampuan mahasiswa.

kegiatan ini diharapkan mampu memberikan informasi, semangat, pencerahan, serta evaluasi sistem akademik dan pembelajaran di lingkungan FIKP-UMRAH. Informasi terkait dengan standar dan kriteria akreditasi yang diberikan oleh narasumber sangat bermanfaat bagi pengembangan Prodi di lingkungan FIKP-UMRAH (ipp).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here