Mengawali perkuliahan pada semester ganjil Tahun Akademik 2022-2023, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH mengadakan Studium General yang dilaksanakan pada hari Senin 5 September 2022 bertempat di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Hadir sebagai pemateri dalam Studium General tersebut yaitu Kepala Organisasi Riset (OR) Kebumian dan Maritim, Badan Riset dan Inovasi Nasional( BRIN) Prof.Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc.

Studium General tersebut secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH, Dr.Ir. T. Ersti  Yulika Sari, S.Pi, M.Si dalam sambutannya Dekan menyampaikan harapannya kedepan akan tercipta kolaborasi yang lebih erat lagi antara BRIN khususnya yang berada dibawah Organisasi Riset Kebumian dan Maritim dengan FIKP UMRAH dalam mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Selain itu di awal paparannya Prof Ocky menyampaikan bahwasannya BRIN merupakan lembaga riset yang baru berdiri dan merupakan hasil peleburan dari empat lembaga yang ada di Indonesia yaitu BPPT, LIPI, BATAN dan LAPAN, serta disusul oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan yang ada di setiap Kementerian/Lembaga di Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa seorang peneliti yang ada di Indonesia pasti berafiliasi di BRIN.

Prof Ocky juga menyampaikan bahwa BRIN memiliki komitmen yang besar dalam mendukung kegiatan penelitian padang bidang maritim khususnya riset terkait kelautan dan perikanan. Beliau juga menyampaikan terkait program-program dari BRIN serta fasilitas Riset yang dapat melibatkan dosen dan mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi seperti, Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Research Assistant, Degree by  Research, Bantuan Riset bagi Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA), Fasilitasi Hari Layar. Saat ini juga BRIN telah didukung dengan fasilitas peralatan yang canggih dalam mendukung riset di bidang kelautan dan perikanan seperti laboratorium genomik, laboratorium kelautan (Laterio) dan keberadaan kapal riset.

Banyak para peserta yang antusias dengan materi yang disampaikan oleh Prof Ocky. Mayoritas peserta umumnya bertanya mengenai bagaimana untuk mengakses tprogram BRIN dalam memfasilitasi pelaksanaan magang, tugas akhir maupun peluang untuk melaksanakan studi lanjut. Stadium generale ditutup dengan sesi penyerahan cinderamata dari Dekan FIKP UMRAH kepada Prof Ocky yang diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta.