You are currently viewing <strong>FIKP UMRAH Tandatangani Kesepakatan Kerjasama dengan Fakulti Perikanan dan Sains Makanan (FPSM) Universiti Malaysia Terengganu</strong>

Pada hari Selasa 7 Maret 2023 Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) UMRAH secara resmi melakukan kerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Sains Makanan (FPSM) Universiti Malaysia Terengganu (UMT). Kerjasama antara kedua fakultas ini diawali dengan penandatanganan Letter of Intent(LoI) yang ditandatangani oleh Dekan FIKP UMRAH yaitu Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi, M.Si bersama Dekan FPSM UMT yaitu Prof.Dr.Mohd Effendy Abd Wahid bertempat di ruang pertemuan FPMS UMT.

Dalam kata sambutanya Dekan FPMS UMT menyampaikan ucapan selamat datang kepada delegasi FIKP UMRAH yang sudah berkenan berkunjung ke FPSM UMT. Pada kesempatan itu juga beliau menyampaikan merasa senang dengan adanya kerjasama yang akan dilaksanakan dengan FIKP UMRAH. Semoga kegiatan kerjasama yang akan dilaksanakan kedepan dapat terwujud serta memperkuat hubungan kedua lembaga  dalam meningkatkan performa di bidang kerjasama internasional.

Selanjutnya Dekan FIKP UMRAH, Dr. Ir. T.Ersti Yulika Sari, S.Pi, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada FPSM UMT yang sudah berkenan menerima kedatanganya beserta delegasi. Beliau juga menyampaikan harapan yang sama seperti yang diutarakan oleh  Dekan FPSM UMT. Dekan FIKP UMRAH juga menyampaikan kerjasama ini harus terwujud dan terealisasikan, beberapa kegiatan yang akan difokuskan dalam kerjasama ini terutama dalam bidang pendidikan antara kedua institusi tersebut.

Beberapa kegiatan tersebut diantaranya yaitu kerjasama dalam bidang pengajaran, FIKP UMRAH mengundang dosen-dosen di UMT untuk dapat memberikan kuliah di FIKP UMRAH. Dalam waktu dekat terkait hal tersebut akan ada tindak lanjut dengan melakukan pertemuan virtual antara kaprodi di lingkungan FIKP UMRAH bersama tim dari FPSM UMT. Sebetulnya saat ini pun sudah ada dosen UMT yang sedang melaksanakan cuti sabatikal di FIKP UMRAH, yaitu Assoc.Prof. Dr. Saifullah Arifin Bin Jaaman.  Selanjutnya kerjasama lain yang hendak diwujudkan yaitu pertukaran pelajar melalui kegiatan summer course, dimana FIKP UMRAH mengundang mahasiswa UMT untuk datang belajar di FIKP UMRAH. Serta tidak menutup kemungkinan mahasiswa FIKP UMRAH datang belajar di FPSM UMT.

Sebelum kegiatan penandatanganan LoI dilakukan delegasi dari FIKP UMRAH mendapatkan pemaparan terkait kondisi FPSM UMT dan mengunjungi beberapa fasilitas pendukung pembelajaran dan penelitian yang ada di FPSM UMT dan Institut Oseanografi dan Sekitaran (INOS) UMT.