Kerjasama Trismades – Umrah Dijajaki

0
405

Satu tim dari Proyek TRISMADES (Trikora Seagrass Management Demonstration Site) mengadakan kunjungan kerja ke UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji) di Bintan (Kepulauan Riau) pada tanggal 24 Februari 2010, untuk membahas dan menjajaki peluang kerjasama antara kedua lembaga itu.

TRISMADES merupakan suatu proyek konservasi lamun yang mendapat bantuan pendanaan dari UNEP /GEF (United Nation Environment Program / Global Environment Facility), yang berlokasi di pesisir timur Pulau Bintan. UMRAH didirikan pada atahun 2007, dan merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Bintan yang mempunyai Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Menurut Dr. Efrizal, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, jumlah mahasiswa UMRAH saat ini sekitar 3000, diantaranya 360 mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Tim TRISMADES di bawah pimpinannya Tri Edi Kuriandewa, menyampaikan pemaparan tentang status mutakhir proyek TRISMADES, dan peluang-peluang kerjasama dimana para mahasiswa dapat diikutsertakan dalam kegiatan proyek.

Monitoring dan studi ekologi padang lamun misalnya, dapat dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan para pakar dari proyek, yang semuanya berasal dari Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Dr. Efrizal selanjuatnya menginformasikan tentang akan diselenggarakannya seminar sehari mengenai ekosistem mangrove dengan kerja sama BAKOSURTANAL (Badan Kordinasi Survei dan Pemetaan Nasional) yang akan diadakan di Tanjung Pinang tanggal 25 Maret 2010. Topik lain yang menjadi perhatian menyangkut ketahanan pangan dan budidaya rumput laut. (AN)

sumber:http://seagrass-indonesia.oseanografi.lipi.go.id/

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here