FIKP UMRAH Rintis Gerakan 100 PKM FIKP-UMRAH BISA!!!

0
24

Gerakan pembuatan 100 PKM di lingkungan FIKP-UMRAH diinisiasi oleh Dekan FIKP untuk membuat sebuah terobosan baru di bidang penulisan ilmiah. Bak gayung yang bersambut hal itu didukung oleh seluruh civitas akademik yang berada di lingkungan FIKP-UMRAH. PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa) merupakan kompetisi bergengsi mahasiswa di tingkat nasional. PKM sering dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu Perguruan Tinggi dalam mendidik mahasiswanya untuk berinovasi dan berperan aktif dalam meningkatkan karya-karya inovatif yang dapat diaplikasikan langsung kepada masyarakat.

Gerakan 100 PKM ini dicetuskan melalui musyawarah dosen di lingkungan FIKP yang bertujuan untuk meningkatkan potensi yang terpendam dari calon-calon kreator pembangun peradaban bangsa khususnya di lingkungan FIKP-UMRAH. Gerakan ini mewajibkan setiap prodinya untuk bekerjasama mengumpulkan 100 proposal PKM, untuk diunggah mewakili nama besar FIKP UMRAH, tentu dengan kualitas proposal yang excellent sehingga diharapkan mampu meloloskan jumlah proposal lebih dari 75%.

Manfaat dari Gerakan 100 PKM ini yaitu:

  • Menumbuhkan kreatifitas mahasiswa dan dosen
  • Meningkatkan program tulisan mahasiswa dan dosen (jurnal dan buku)
  • Meningkatkan akreditasi program studi
  • Membantu pembiayaan mahasiswa dalam menulis skripsi
  • Membentuk entrepreneur muda dalam bidang kewirausahaan
  • Alat promosi UMRAH di tingkat nasional

Mengingat besarnya manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan Gerakan 100 PKM maka perlu dilakukan beberapa strategi untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Salah satunya dengan cara membuat Tim Gerakan 100 PKM yang terdiri dari beberapa dosen dan mahasiswa untuk mengawal pelaksanaan penulisan proposal hingga submit ke SIMBELMAWA RISET-DIKTI. Selain itu, strategi lainnya adalah Tim akan mengundang pembicara yang ahli dalam bidangnya untuk memberikan trik dan kiat khusus dalam kegiatan penjaringan proposal.

Adapun timeline Gerakan 100 PKM FIKP-UMRAH adalah sebagai berikut:

picture1

 

Tanjungpinang, 11 Oktober 2016

Kontributor

Ginanjar Pratama, S.Pi, M.Si

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here