Jurusan MSP Gelar Workshop Penggunaan Mendeley untuk Daftar Pustaka dan Penulisan Jurnal Internasional

0
7
picture3
Ki-Ka : Moderator (Susiana, S.Pi, M.Si), Ketua Jurusan (Ir. Linda Waty Zen, M.Sc) dan Narasumber (Nita Rukminasari, S.Pi, M.P, Ph.D)

Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji  menggelar Workshop Pengembangan Proses Kegiatan Pembelajaran yang bertajuk “Penggunaan Mendeley untuk Daftar Pustaka dan Penulisan Jurnal Internasional” .  Workshop dilaksanakan di Hotel Comfort, Tanjungpinang  (6/10).

Kegiatan ini bertujuan memacu para dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH untuk melakukan publikasi jurnal internasional dan bagi mahasiswa untuk terus bisa mengembangkan penggunaan software manajemen referensi yang mendukung dalam pembuatan karya ilmiah. Kegiatan seperti ini pada akhirnya jelas akan memperkaya wawasan ilmiah dalam publikasi hasil penelitian seorang dosen. Bagi para mahasiswa, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam penulisan skripsi.

Narasumber yang didaulat untuk menyampaikan materi terkait tema workshop adalah Nita Rukminasari, S.Pi, M.P, Ph.D. Beliau merupakan dosen program studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Hasanuddin, Makassar.

 

picture4

Foto: Sambutan Ketua Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan sekaligus membuka acara secara resmi

picture5

Peserta dari perwakilan jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan dan jurusan Ilmu Kelautan. Peserta khususnya adalah mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah Metode Penelitian dan sebagian dari mereka masih dalam proses pembuatan skripsi.

picture7

Peserta langsung latihan dari tahap instalasi software Mendeley sampai tahap membuat daftar pustaka

 Pengutipan untuk Daftar Pustaka lebih efisien dengan menggunakan referensi manager. Salah satunya adalah mendeley. Kesalahan pengetikan dan pengutipan yang biasa dan sering dilakukan selama ini secara manual tidak akan terjadi lagi karena dengan mendeley secara otomatis bisa dilakukan pengutipan sesuai gaya sitasi bidang kita masing-masing.

Penulisan dan publikasi jurnal dari hasil penelitian baik nasional maupun internasional sangat penting bagi karir seorang dosen karena publikasi jurnal dibutuhkan untuk kenaikan jabatan fungsional yang lebih tinggi. Tidak hanya dosen, mahasiswa yang sudah menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk skripsi wajib mempublikasikan jurnal dari hasil penelitiannya minimal dimuat dalam jurnal lokal atau jurnal nasional tidak terakreditasi.

picture8

Foto bersama Dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH dengan Narasumber

Setelah mendapatkan materi pembelajaran di workshop ini, diharapkan bagi mahasiswa untuk segera mengaplikasikan penggunaan software mendeley dalam tugas makalah, proposal dan skripsi. Untuk para dosen FIKP UMRAH ditunggu publikasi jurnal internasionalnya.(Susiana, S.Pi, M.Si/MSP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here