Ada hal yang berbeda di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), di tahun ini peringatan hari air sedunia untuk pertama kalinya diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan dengan mengadakan acara Festival Air dengan tema “Save Water Be Better” yang diisi dengan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, dimulai pada tanggal 13 Maret 2017 diadakan lomba fotografi sesuai dengan tema kegiatan. Kemudian pada tanggal 22 Maret 2017 di halaman Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan diselenggarakannya pembukaan acara Festival Air oleh Diana Azizah, S.Pi., M.Si selaku Ketua Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, dilanjutkan dengan bazar yang diisi oleh KMBM dan Himpunan Jurusan yang ada dilingkungan FIKP yang menampilkan kerajinan tangan dari limbah biota laut seperti cangkang kerang, cangkang gonggong dan biota laut lainnya, serta makanan hasil olahan mahasiswa.

Bazaar World Water Day
Bazaar World Water Day

Tidak lupa pula diadakannya mimbar bebas membuat acara semakin semarak dan meriah diantaranya akustik, stand up comedy , puisi dan ceramah singkat tentang Hari Air, sehingga menarik perhatian mahasiswa-mahasiswa lain untuk hadir dalam acara tersebut baik menonton maupun berpartisipasi dalam mimbar bebas. Panitia juga mempersiapkan photobooth bagi mahasiswa dan dosen yang ingin berfoto ria dalam kegiatan kali ini dengan menggunakan latar belakang yang menggambarkan World Water Day.

Akustik oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
Akustik oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Iqbal Edmanda selaku Ketua Himpunan Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan mengatakan “Kegiatan ini diharapkan mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan air secara inovatif dan kreatif baik dilingkungan Kampus maupun dilingkungan tempat tinggal”. Dalam pidatonya beliau sangat mengharapkan dukungan dari masing-masing individu untuk lebih kritis dalam melihat kondisi perairan yang berkembang saat ini karena di era teknologi yang modern berita dan informasi dapat diakses secara bebas.

Sebelum berakhirnya serangkaian kegiatan panitia memberikan piagam penghargaan yang ditujukan kepada pemenang lomba fotografi, stand terbaik dan akustik terbaik yang diserahkan oleh Ketua HMJ, Wakil HMJ, dan Sekretaris HMJ. (Herni Eriawati)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here