Beranda blog

Proposal Program Gerakan Nasional Revolusi Mental Besama Masyarakat FIKP UMRAH Lolos Didanai

0

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanaan Universitas Maritim Raja Ali Haji pada tahun 2021 ini mendapatkan dana hibah  terkait Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Bersama Masyarakat yang berasal dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI). Berdasarkan informasi yang diterima terdapat sebanyak 189 proposal pengusul dari 109 Perguruan Tinggi dan sebanyak 55 proposal berhasil lolos untuk didanai.

Dalam kesempatan ini koordinator kegiatan GNRM pada Universitas Maritim Raja Ali Haji yakni  Aidil Fadli Ilhamdy, S.Pi M.Si menyampaikan bahwa proposal yang lolos didanai berjudul : Pemuda Sadar Gizi : Generasi  Tangguh Covid-19 Melalui Pangan Sehat Berbasis Produk Olahan Perikanan di Kabupaten Bintan. Program yang didanai tersebut sangat cocok mengingat Pulau Bintan berada di wilayah kepulauan yang memiliki potensi sumberdaya kelautan yang sangat melimpah.

Fokus kegiatan  berada di Desa Teluk Bakau, Desa Malang Rapat, Desa Berakit, Desa Pengudang dan Desa Pengujan, dalam kegiatan ini kita akan melibatkan Karang taruna disetiap desa untuk mndapatkan sosialialisasi dan pelatihan mengenai produk olahan perikanan yang memiliki nilai gizi. Pangan yang sehat dapat membentuk imun tubuh yang baik sehingga dapat tetap produktif di situasi Pandemi Covid-19. Semoga kegiatan yang akan dijalankan ini dapat berjalan dengan sukses. Mega Bravo..!

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) FIKP UMRAH 2021

0

Kamis (20/5) bertempat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Maritim Raja Ali Haji telah dilaksanakan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas. Terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti ajang ini,  yang merupakan perwakilan dari 5 program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH. Mahasiswa tersebut adalah: Nahdah Ayatillah (IKL), Dedi Kurniadi (SEP), Isnaini Nurwisti (MSP), Fadel Fernanda Islamy (THP), Jahari (THP), Daulat Hasibuan (MSP), Febriansyah (BDP) dan Tantri Sulvani (SEP). Selanjutnya dari 8 mahasiswa tersebut akan diseleksi menjadi 2 mahasiswa untuk dikirimkan mewakili fakultas pada ajang Pilmapres di tingkat Universitas.

Dalam ajang pilmapres tahun ini mahasiswa diharuskan mengumpulkan fortopolio terkait capaian yang diraihnya selama menjadi mahasiswa. Capaian tersebut terbagi menjadi beberapa bidang seperti : prestasi, pengakuan, penghargaan hasil/karya, organisasi, sosial kemanusiaan/pengabdian dan wirausaha. Selain itu pada ajang pilmapres ini juga mahasiswa ditugaskan untuk membuat gagasan tertulis dengan topik mengenai Suistanable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri dan melihat kelengkapan administrasi, maka untuk tahun ini dua mahasiswa yang akan mewakili Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi pada tingkat universitas yaitu Febriansyah (BDP) dan Dedi Kurniadi (SEP). Selamatt…..!

FIKP-UMRAH Gelar Kuliah Umum dengan Tema “Peluang Sumberdaya Maritim dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam”

0

Dompak (8/3), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Uuniversitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) menggelar kegiatan kuliah umum dengan tema “Peluang Sumberdaya Maritim dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam” pada Senin (8/03/2021) di Auditorium Kampus Dompak.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. Bertindak sebagai moderator yaitu Dekan FIKP UMRAH, Dr. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si. Narasumber pada kuliah umum kali ini yaitu  Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA yang merupakan Deputi Bidang Koordinasi Sumberdaya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.

Kuliah umum ini juga dilakukan dalam rangka menandai dimulainya kegiatan akademik pada semester genap Tahun Akademik 2020-2021. Kegiatan ini dilakukan dengan metode hybrid yakni perpaduan luring dan daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Peserta kuliah umum secara luring berasal dari berbagai instansi seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Perwakilan Provinsi, Balai-Balai Perikanan, Serta berbagai stakeholder yang ada di Tanjungpinang. Acara ini juga diikuti oleh mahasiswa FIKP dan mahasiswa lintas jurusan yang ada di UMRAH. Terdapat sebanyak 150 peserta yang hadir pada aplikasi zoom meeting yang umumnya berasal dari berbagai instansi dan universitas yang ada di tanah air.

Materi yang disampaikan oleh Narasumber terkait dengan potensi sumberdaya maritim, Hilirisasi Sumberdaya Alam, Potensi Sumberdaya Ikan Nasional, dan Pengembangan Ekonomi yang berbasis pada pengembangan sumberdaya kelautan dan perikanan. Pemaparan materi disertakan dengan contoh pemanfaatan sumberdaya dan potensi sumberdaya yang ada di Indonesia khususnya di KEPRI. Acara kuliah umum ini diikuti dengan baik oleh para peserta. Para peserta memberikan respon terkait dengan isi materi yang disampaikan. Peserta kuliah umum memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait isu-isu yang dibahas pada pemaparan ini dan dihubungkan dengan isu-isu lingkungan yang terjadi pada saat ini di KEPRI . Pada akhir acara para penanya mendapatkan hadiah dari narasumber berupa buku (ipp).

Beasiswa Bank Indonesia 2021

0

Beasiswa Bank Indonesia 2021 telah dibuka nih untuk mahasiswa/i Universitas Maritim Raja Ali Haji! Segera cek persyaratannya untuk dapat mengikuti proses Seleksi Beasiswa Bank Indonesia 2021 pada brosur berikut.

Timeline Beasiswa BI 2021

  • Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia : 10 Maret 2021
  • Pendaftaran Beasiswa : 10-18 Maret 2021
  • Hasil Seleksi Tahap I : 20 Maret 2022
  • Wawancara Tahap I : 22-23 Maret 2021
  • Wawancara Tahap II : 27-30 Maret 2021
  • Pengumuman Penerima Beasiswa BI 2021 : 1 April 2021

Link Berkas dapat Diakses melalui
http://bit.ly/FormBeasiswaBankIndonesia2021

FIKP-UMRAH Gelar Workshop dan Lokakarya Mutu Akademik

0

Tanjungpinang (7/12), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) menggelar workshop dan lokakarya terkait dengan mutu akademik dan akreditasi. Kegiatan ini dilakukan di Aston Tanjungpinang Hotel dan Conference pada tanggal 5-6 Desember 2020.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Prof. Agung Dhamar Syakti, S.Pi. DEA. (Rektor UMRAH) dan dihadiri oleh Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si (Dekan FIKP), Azwin Apriandi, S.Pi., M.Si (Wakil Dekan I bidang Akademik dan Kemahasiswaan), serta Fadhliyah Idris, S.Pi., M.Si (Wakil Dekan II bidang Umum dan Keuangan).

Narasumber pada kegiatan ini yakni Dr. Ir. Iqbal Djawad,  M.Si, dan Dr. Ir. Alfa Filep Petrus Nelwan dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Pemateri pertama disampaikan oleh Dr. Ir. Alfa Filep Petrus Nelwan terkait dengan kurikulum dan sistem penjamin mutu internal. Pemateri kedua disampaikan oleh Dr. Ir. Iqbal Djawad,  M.Si, terkait dengan Instrumen dan Sistem Akreditasi Program Studi.

Kegiatan ini diikuti oleh Kajur dan Sekjur serta Dosen di lingkungan Prodi FIKP, Kabag dan Kasubag TU FIKP, Staf Laboratorium, Staf PDPT, Dinas-dinas terkait, perwakilan Fakultas Ekonomi, serta berbagai stakeholder yang berkerjasama dengan FIKP-UMRAH. Dinas-dinas terkait yang hadir yakni Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. KEPRI, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bintan, Balai Benih Ikan Pengujan. Stakeholder yang hadir diantaranya Banyan Tree Resort, Nikoi and Cempedak Island Resort, Yayasan Ekologi, dan Kampung Teripang. Kegiatan ini juga dilakukan secara daring via zoom meeting dan diikuti oleh peserta dari berbagai Universitas di Indonesia diantaranya; Universitas Papua, Universitas Haluoleo, serta Universitas Riau.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop dan memberikan tanggapan serta pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi workshop. Peserta yang mengikuti kegiatan via zoom meeting juga memberikan tanggapan terkait dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. Para peserta memberikan pertanyaan terkait dengan peningkatan mutu akademik, instrumen akreditasi Prodi, serta hal-hal lain terkait dengan peningkatan mutu pendidikan di lingkungan universitas maupun program studi.

Materi yang disampaikan terkait dengan Akreditasi disambut baik oleh seluruh peserta yang sebagian besar berasal dari Prodi yang akan melakukan akreditasi, terkhusus bagi Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan dan Prodi Magister Ilmu Lingkungan FIKP-UMRAH. Materi Standar dan kriteria instrumen BAN PT sebelum dan sesudah SN dikti 2015 (Permenristekdikti No. 44 2015) yang awalnya 7 standar menjadi 9 standar menjadi pokok pembahasan yang mendapatkan respon dari para peserta.

Para Stakeholder turut andil dalam memberikan masukan untuk kemajuan proses akademik dan sistem pembelajaran di FIKP-UMAR. Masukan yang diberikan terkait dengan peningkatan kemampuan para mahasiswa terutama terkait dengan softskill yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Penguasaan bahasa asing, penguasaan sistem informasi dan komputasi, penerapan keilmuan dan penguasaan praktek lapangan, serta kreatifitas mahasiswa dalam pelaksanaan magang/praktek kerja lapangan menjadi usulan yang disampaikan untuk peningkatan kemampuan mahasiswa.

kegiatan ini diharapkan mampu memberikan informasi, semangat, pencerahan, serta evaluasi sistem akademik dan pembelajaran di lingkungan FIKP-UMRAH. Informasi terkait dengan standar dan kriteria akreditasi yang diberikan oleh narasumber sangat bermanfaat bagi pengembangan Prodi di lingkungan FIKP-UMRAH (ipp).

Cegah Penyebaran Covid-19 : “FIKP-UMRAH Bagikan Handsanitizer Kepada Masyarakat Sekitar Kampus”

0

Senggarang (04/12), Sebagai langkah pencegahan penyebaran Corona Virus Disease-2019 (COVID-19), seluruh civitas akademik Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan-UMRAH melakukan pengabdian kepada msayarakat. Pengabdian dilakukan dengan membagikan Handsanitizer kepada masyarakat disekitar kampus Senggarang.

Kegiatan pembagian Handsanitizer dilakukan di sekitar wilayah Senggarang dan Kampung Bugis. Kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Dekan FIKP, Ibu Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi, M.Si, Wakil Dekan I, Bapak Azwin Apriandi,  S.Pi., M.Si, serta Wakil Dekan II, Ibu Fadhliyah Idris,  S.Pi., M.Si.

Selain itu, kegiatan ini diikuti oleh dosen, mahasiswa program studi maupun organisasi mahasiswa di lingkungan FIKP-UMRAH. Turut serta juga tenaga kependidikan yang berpartisipasi pada kegiatan pembagian Handsanitizer kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk keperdulian FIKP-UMRAH untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh seluruh civitas akademika FIKP-UMRAH (ipp).

Pengenalan Jasa Ekosistem Pesisir di SMAN 1 Bintan Timur

0

Kamis 10 Oktober 2020 Dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMAN 1 Bintan Timur dengan judul Pengenalan Jasa Ekosistem Pesisir.

Kegiatan ini dilakukan Dosen penerima dana hibah LP3M UMRAH yaitu Khairul Hafsar (Ketua, Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan), Khairunnisa (anggota, Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan) dan Aditya Hikmat Nugraha (anggota,Jurusan Ilmu Kelautan) serta melibatkan dosen lain yaitu Wahyu Muzammil (Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan), Aminatul Zahra (Budidaya Perairan) dan Yulia Oktavia (Teknologi Hasil Perikanan). Selain dosen kegiatan ini juga mengikutsertakan mahasiswa dari jurusan Ilmu Kelautan yaitu Anton (angkatan 2017).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi pentingnya jasa ekosistem pesisir bagi kehidupan. Siswa dan Siswi Sekoloah Menengah Atas merupakan mitra utama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarat yang di lakukan di Kabupaten Bintan.

Kabupaten Bintan dipilih karena memiliki ekosistem pesisir yang lengkap dan terjaga kelestariannya sehingga menjadi penting untuk tetap dilestarikan melalui pengenalan terhadap peran dan fungsi dari ekosistem tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan beberapa tahanap yaitu metode ceramah dengan menggunakan power point yang dipresentasikan langsung kepada siswa dan siswa SMAN 1 Bintan Timur yang ikut dalam kegiatan ini.

Selain mendengarkan presentasi, siswa dan siswi juga menonton video terkait dengan jasa ekosistem pesisir. Akhir rangkaian acara ditutup dengan lomba membuat poster secara berkelompok dan ditentukan 3 pemenang yang akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan. Untuk mengukur kemampuan pemahaman mahasiswa maka dilakukan pre test dan post test sehingga mendapatkan hasil pengukuran yang diinginkan.

Prodi Sosial Ekonomi Perikanan (SEP) FIKP-UMRAH Raih Akreditasi “B”

0

Senggarang (10/10), Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan (SEP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan meraih akreditasi “B” melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 4879/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020, menyatakan bahwa; Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Pada Program Sarjana Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Kota Tanjung Pinang memenuhi syarat peringkat untuk diberikan nilai Akreditasi B.

Kegiatan ini dilakukan melalui berbagai proses, mulai dari pengumpulan dokumen, pengajuan dokumen-dokumen serta pelaksanaan visitasi oleh para Asesor BAN-PT pada tanggal 18-19 September 2020. Asesor BAN-PT diketuai oleh Prof. Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc, dari Institut Pertanian Bogor, dan sebagai Anggota yakni Prof. Dr. Ir. Niette Vuca Huliselan, M.Sc dari Universitas Pattimura.
Akreditasi ini diharapkan dapat mendorong semangat seluruh komponen prodi baik mahasiswa, dosen, staf kependidikan untuk terus berkarya dan mengembangkan institusi serta menciptakan sumberdaya manusia yang unggul. Sertifikat akreditasi program studi SEP ini berlaku sejak tanggal 25 – Agustus – 2020 sampai dengan 25 – Agustus – 2025.