Beranda blog

FIKP UMRAH Selenggarakan Pelatihan Penilai Kondisi Padang Lamun dan Komunitas Mangrove

0

Senggarang, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), menyelenggarakan pelatihan penilai kondisi padang lamun dan komunitas mangrove. Kegiatan tersebut berlangsungdari tanggal 27 September – 1 Oktober 2021. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari Program Coremap-CTI yang disponsori oleh World Bank.

Dalam sambutanya Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Aditya Hikmat Nugraha M.Si menyambut baik kegiatan ini, kegiatan ini sangat relevan dengan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan berharap kegiatan pelatihan ini dapat berlangsung terus di waktu yang akan datang. Selain itu Direktur Pusat Pengembangan Kompetensi BRIN Dr. Sudi Ariyanto, M.Eng mengucap syukur dan berterima kasih kepada pihak FIKP UMRAH yang telah mau bekerja sama menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka mencetak sumberdaya yang dapat memajukan dunia kelautan Indonesia.

Terdapat 26 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, sebanyak 14 peserta mengikuti kegiatan pelatihan untuk penilai kondisi padang lamun dan 12 peserta mengikuti kegiatan pelatihan untuk penilai kondisi komunitas mangrove. Peserta terdiri dari Mahasiswa, Dosen dan Staff FIKP UMRAH, Mahasiswa Program Studi Lingkungan IPB University serta dari Yayasan Ekologi Kepulauan Riau. Sementara pelatih yang terlibat dalam pelatihan ini berasal dari tiga universitas yaitu, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung dan Universitas Hassanuddin.

Selanjutnya setelah menjalankan kegiatan pelatihan ini, para peserta akan melaksanakan uji kompetensi sesuai bidang pelatihan yang diikuti pada Lembaga Sertifikasi Profesi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, untuk memperoleh sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

FIKP UMRAH bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Melaksanakan Kegiatan Pemantauan Sampah Laut

77

Bintan, Kamis 26 Agustus 2021. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan kegiatan pemantauan sampah laut periode kedua tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Sakera dan Pantai Trikora Kabupaten Bintan.

Kegiatan ini merupakan lanjutan untuk kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama oleh dosen, mahasiswa dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan.

Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang cukup penting dalam memahami dampak plastik terhadap kehidupan untuk saat ini dan kedepannya. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan menentukan lokasi sampling, penentuan titik, pemasangan transek, dan pengambilan sampah plastik. Sampah plastik yang diambil tidak hanya yang kasat mata, namun partikel-partikel plastik yang telah hancur dan serpihan padatan minyak mentah atau oli yang berada di kawasan tersebut.

Dalam kegiatan ini sebanyak dua dosen, enam mahasiswa, dan tiga laboran turun bersama-sama untuk mengidentifikasi jenis-jenis sampah plastik dan mikroplastik. Dalam kegiatan ini Aidil Fadli Ilhamdy, S.Pi., M.Si. selaku wakil koordinator kegiatan memberikan arahan lokasi kegiatan dan titik sampling yang akan di ambil. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala untuk mengetahui perkembangan sebaran sampah plastik dan jumlah mikroplastik yang terdapat di pantai.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sieve sorting meshanalysis untuk mengklasifikasi sampah plastik berdasarkan ukuran yang tertahan dalam mesh. Metode ini dapat memberikan informasi mengenai ukuran partikel plastik yang berada pada sedimen pantai dan jenisnya dapat langsung diketahui.

FIKP UMRAH dan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Lakukan Kegiatan Pemulihan Ekosistem Terumbu Karang

0

Bintan, Sabtu 28 Agustus 2021 telah dilaksanakan Kegiatan Pemulihan Ekosistem Terumbu Karang Di Kabupaten Bintan Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. Kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat yang diselenggarakan di Desa Pengudang Kabupaten Bintan tepatnya di Gedung Serbaguna Desa Pengudang yang dihadiri oleh DLH Kepri, DLH Kab. Bintan, DKP Kepri, Yayasan Ecology dan Perangkat Desa serta masyarakat Desa Pengudang.

Acara  Pemulihan Ekosistem Terumbu Karang ini di sambut baik dan penuh apresiasi oleh Kepala Desa Pengudang yakni Bapak Kamali Labosa, beliau sangat bersyukur sebab Desa Pengudang menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan ini, beliau berharap pemulihan ekosistem terumbu karang ini dapat meningkatkan ekonomi masyarat terutama melalui ekowisata bawah laut.

Kegiatan  ini dibuka langsung oleh  Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Aditya Hikmat Nugraha, S.I.K, M.Si, dalam sambutanya beliau menyampaikan berharap kegiatan dapat bermanfaat bagi Desa Pengudang dalam rangka memulihkan ekosistem terumbu karang, sehingga diharapkan masyarakat dapat mengambil benefit, selain itu juga bagi civitas FIKP UMRAH kegiatan ini kedepan dapat dijadikan sebagai aktivitas penelitian.

Dalam sosialisasi kegiatan ini Dedy Kurniawan, S.Pi,M.Si selaku koordinator kegiatan menyampaikan mengenai teknis kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan pemulihan ekosistem terumu karang ini menggunakan metode transplantasi Coral Spider dimana pada metode ini menggunakan  kerangka besi yang membentuk jaring laba laba. Selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai teknis perawatan serta pengambilan bibit untuk ditempelkan di kerangka besi tersebut.

FIKP UMRAH Selenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2021

0

Selasa 24 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara virtual mengingat kondisi saat ini yang masih berada dalam pandemi covid-19. Terdapat sebanyak 150 mahasiswa baru yang bergabung dengan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan pada tahun ini.

Acara PKKMB ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Dr.Ir.T. Ersti Yulika Sari, S.Pi, M.Si, dalam sambutanya beliau menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Selain itu juga dihadapan mahasiswa baru beliau mengatakan bahwa Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki wilayah lautan hingga 98% masih perlu dieksplorasi dan  membutuhkan sumbedaya manusia untuk mengoptimalkan itu. Hal itu menjadi tugas anda semua di masa yang akan datang. Selain itu juga pada acara PKKMB ini mahasiswa diberikan penjelasan terkait bidang akademik, kemahasiswaan, uang kuliah tunggal (UKT) dan fasilitas kampus.

Selain itu juga dalam kesempatan ini juga mahasiswa baru diberikan penjelasan mengenai kegiatan  Gerakan Nasional Revolusi Mental. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Universitas Maritim Raja Ali Haji bersama Kementeriaan Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Pada PKKMB ini juga diadakan acara virtual campus tour dimana mahasiswa baru diajak mengelilingi kampus FIKP UMRAH secara virtual. Pada siang harinya dilakukan sesi sharing bersama alumni FIKP UMRAH.

Proposal Program Gerakan Nasional Revolusi Mental Besama Masyarakat FIKP UMRAH Lolos Didanai

1

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanaan Universitas Maritim Raja Ali Haji pada tahun 2021 ini mendapatkan dana hibah  terkait Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Bersama Masyarakat yang berasal dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI). Berdasarkan informasi yang diterima terdapat sebanyak 189 proposal pengusul dari 109 Perguruan Tinggi dan sebanyak 55 proposal berhasil lolos untuk didanai.

Dalam kesempatan ini koordinator kegiatan GNRM pada Universitas Maritim Raja Ali Haji yakni  Aidil Fadli Ilhamdy, S.Pi M.Si menyampaikan bahwa proposal yang lolos didanai berjudul : Pemuda Sadar Gizi : Generasi  Tangguh Covid-19 Melalui Pangan Sehat Berbasis Produk Olahan Perikanan di Kabupaten Bintan. Program yang didanai tersebut sangat cocok mengingat Pulau Bintan berada di wilayah kepulauan yang memiliki potensi sumberdaya kelautan yang sangat melimpah.

Fokus kegiatan  berada di Desa Teluk Bakau, Desa Malang Rapat, Desa Berakit, Desa Pengudang dan Desa Pengujan, dalam kegiatan ini kita akan melibatkan Karang taruna disetiap desa untuk mndapatkan sosialialisasi dan pelatihan mengenai produk olahan perikanan yang memiliki nilai gizi. Pangan yang sehat dapat membentuk imun tubuh yang baik sehingga dapat tetap produktif di situasi Pandemi Covid-19. Semoga kegiatan yang akan dijalankan ini dapat berjalan dengan sukses. Mega Bravo..!

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) FIKP UMRAH 2021

536

Kamis (20/5) bertempat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Maritim Raja Ali Haji telah dilaksanakan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas. Terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti ajang ini,  yang merupakan perwakilan dari 5 program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH. Mahasiswa tersebut adalah: Nahdah Ayatillah (IKL), Dedi Kurniadi (SEP), Isnaini Nurwisti (MSP), Fadel Fernanda Islamy (THP), Jahari (THP), Daulat Hasibuan (MSP), Febriansyah (BDP) dan Tantri Sulvani (SEP). Selanjutnya dari 8 mahasiswa tersebut akan diseleksi menjadi 2 mahasiswa untuk dikirimkan mewakili fakultas pada ajang Pilmapres di tingkat Universitas.

Dalam ajang pilmapres tahun ini mahasiswa diharuskan mengumpulkan fortopolio terkait capaian yang diraihnya selama menjadi mahasiswa. Capaian tersebut terbagi menjadi beberapa bidang seperti : prestasi, pengakuan, penghargaan hasil/karya, organisasi, sosial kemanusiaan/pengabdian dan wirausaha. Selain itu pada ajang pilmapres ini juga mahasiswa ditugaskan untuk membuat gagasan tertulis dengan topik mengenai Suistanable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri dan melihat kelengkapan administrasi, maka untuk tahun ini dua mahasiswa yang akan mewakili Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi pada tingkat universitas yaitu Febriansyah (BDP) dan Dedi Kurniadi (SEP). Selamatt…..!

FIKP-UMRAH Gelar Kuliah Umum dengan Tema “Peluang Sumberdaya Maritim dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam”

0

Dompak (8/3), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Uuniversitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) menggelar kegiatan kuliah umum dengan tema “Peluang Sumberdaya Maritim dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam” pada Senin (8/03/2021) di Auditorium Kampus Dompak.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. Bertindak sebagai moderator yaitu Dekan FIKP UMRAH, Dr. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si. Narasumber pada kuliah umum kali ini yaitu  Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA yang merupakan Deputi Bidang Koordinasi Sumberdaya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.

Kuliah umum ini juga dilakukan dalam rangka menandai dimulainya kegiatan akademik pada semester genap Tahun Akademik 2020-2021. Kegiatan ini dilakukan dengan metode hybrid yakni perpaduan luring dan daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Peserta kuliah umum secara luring berasal dari berbagai instansi seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Perwakilan Provinsi, Balai-Balai Perikanan, Serta berbagai stakeholder yang ada di Tanjungpinang. Acara ini juga diikuti oleh mahasiswa FIKP dan mahasiswa lintas jurusan yang ada di UMRAH. Terdapat sebanyak 150 peserta yang hadir pada aplikasi zoom meeting yang umumnya berasal dari berbagai instansi dan universitas yang ada di tanah air.

Materi yang disampaikan oleh Narasumber terkait dengan potensi sumberdaya maritim, Hilirisasi Sumberdaya Alam, Potensi Sumberdaya Ikan Nasional, dan Pengembangan Ekonomi yang berbasis pada pengembangan sumberdaya kelautan dan perikanan. Pemaparan materi disertakan dengan contoh pemanfaatan sumberdaya dan potensi sumberdaya yang ada di Indonesia khususnya di KEPRI. Acara kuliah umum ini diikuti dengan baik oleh para peserta. Para peserta memberikan respon terkait dengan isi materi yang disampaikan. Peserta kuliah umum memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait isu-isu yang dibahas pada pemaparan ini dan dihubungkan dengan isu-isu lingkungan yang terjadi pada saat ini di KEPRI . Pada akhir acara para penanya mendapatkan hadiah dari narasumber berupa buku (ipp).

Beasiswa Bank Indonesia 2021

0

Beasiswa Bank Indonesia 2021 telah dibuka nih untuk mahasiswa/i Universitas Maritim Raja Ali Haji! Segera cek persyaratannya untuk dapat mengikuti proses Seleksi Beasiswa Bank Indonesia 2021 pada brosur berikut.

Timeline Beasiswa BI 2021

  • Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia : 10 Maret 2021
  • Pendaftaran Beasiswa : 10-18 Maret 2021
  • Hasil Seleksi Tahap I : 20 Maret 2022
  • Wawancara Tahap I : 22-23 Maret 2021
  • Wawancara Tahap II : 27-30 Maret 2021
  • Pengumuman Penerima Beasiswa BI 2021 : 1 April 2021

Link Berkas dapat Diakses melalui
http://bit.ly/FormBeasiswaBankIndonesia2021