Beranda blog

Joint Research FIKP UMRAH dengan TMSI Singapore

0

Joint Research FIKP UMRAH dengan TMSI Singapore

Dekan FIKP UMRAH Dr. Agung Dhamar Syakti bersama Prof Wong Sek Man Direktur TMSI Singapore

Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi FIKP sebagai Center of Excellence di Asia Pasifik di tahun 2040 dalam dibidang Pengelolaan Berkelanjutan Sumderdaya Kelautan Perikanan dan Kemaritiman 2030, salah satu gebrakan pertama FIKP UMRAH di tahun 2018 adalah mengembangkan jejaring kerjasama dengan mitra hebat dari Singapura yakni, Tropical Marine Science Institute (TMSI), National University of Singapore (NUS).

Dalam kunjungannya ke TMSI, Dekan FIKP UMRAH, Dr. Agung Dhamar Syakti menyatakan bahwa tujuan  praktis yang diharapkan dicapai ada tiga hal : Kesepahaman akan rencana Joint Research Progam dengan topik spesifik mengeni kajian Ekosistem Lamun (Sea Grass) dan Dugong, gerakan peningkatan kesadaran publik akan marine plastic debris melalui program Science Citizenship, joint conference dalam topik yang relevan dan pengiriman dosen untuk S3 di NUS.

Direktur TMSI Prof. Wong mengapresiasi keinginan dari pihak UMRAH dan berjanji akan membantu semaksimal mungkin mewujudkannya. Lokus riset di Kepulauan Riau adalah Laboratorium Alami Raksasa yang sangat menarik untuk dieksplorasi dan dikaji, demikian Prof Wong menyampaikan dalam pertemuan 16 Januari 2018 yang lalu.

Dalam kunjungan ke TMSI NUS, delegasi Umrah terdiri dari Dr. Agung D Syakti (Dekan FIKP), Kepala Dr. Victor Amrifo (Ka LP3M UMRAH) dan Jales Veva Jaya (Kapus PSPL). Selain UMRAH, kunjungan ke TMSI NUS juga diikuti oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau yang langsung dipimpin oleh Prof. Dr. Bintal Amin (Dekan UR) dan Dr. Mulyadi (WD2 UR). Kunjungan kedua institusi ini adalah bagian dari tindak lanjut multi-lateral meeting konsorsium riset IPB, UNRI, UI, UNHAS dan UMRAH dengan NUS dan James Cook University yang diselengggarakan oleh EMRIO – IPB, November 2017 yang lalu.

Dekan FIKP UMRAH berkiprah dalam Dewan Riset Daerah KEPRI

0

 

Pengukuhan Dewan Riset Daerah Provinsi Kepualuan Riau

 

Dekan FIKP UMRAH Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA besama Gubernur Provinsi Kepualuan Riau Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si

Pembentukan Dewan Riset Daerah Provinsi Kepualuan Riau merupakan amana UU No 18 tahun 2002 tentang sistem nasional penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada Pasal. 20 ayat 1 UU tersebut mensyaratkan kepada pemerintah  daerah untuk memberikan fasilitas maupun staf penunjang dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di wilayah pemerintahannya. Sedangkan pasal 27 menyatakan bahwa pemerintah  daerah wajib mengalokasikan anggaran yang memadai untuk memacu percepatan penguasaan, pemanfaatan dan pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pasal 31 dalam UU No 24 tahun 2004 tentang sistem perencanaan dinyatakan, perencanaan pembangunan daerah harus didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian pasal 33 dinyatakan Kepala Daerah harus bertanggungjawab terhadap perencanaan pembangunan daerah (Dedy Suwadha http://batam.tribunnews.com/2012/04/02/kepri-segera-punya-dewan-riset-daerah).

Mengutip pernyataan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam acara “Talkshow dan Launching Organisasi Profesi Analis Kebijakan” tanggal 9 September 2016, “tantangan terbesar bagi pemerintah adalah bagaimana memproduksi kebijakan berkualitas sehingga memperkuat daya saing Indonesia dengan peluang dan sumber daya yang dimiliki. Kebijakan publik yang berkualitas dan aplikatif adalah berdasarkan bukti-bukti  yang memadai”. Penggunaan bukti dalam pengambilan kebijakan (evidence based policy) dewasa ini semakin dinilai sangat penting dan menjadi tuntutan.  Salah satu dasar bukti kebijakan yang mampu mengilmiahkan kebijakan adalah hasil penelitian. Penggunaan hasil penelitian yang tidak akurat dalam pengambilan kebijakan dapat menyebabkan kegagalan kebijakan. Perubahan paradigma dalam pengambilan kebijakan berbasis bukti membuka peluang besar bagi para peneliti untuk berpartisipasi dan hasilnya dapat diakses oleh para pembuat kebijakan sehingga hasil penelitiannya dapat digunakan secara lebih efektif (http://setkab.go.id/kebijakan-berbasis-penelitian/).

Maka sangat jelas bahwa keberadaan Dewan Riset Daerah menjadi kebutuhan daerah terutama bagi Kepala Daerah

 

Tanjungpinang, 20 Desember 2017

Kontributor

Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc

NIP. 19830404 201504 1 001

 

 

 

FIKP AWARD 2017

0

FIKP AWARD 2017

Ajang Pengahargaan Kecemerlangan di Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan (FIKP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang di laksanakan pada tanggal 3 November 2017 di Selasaran Mall TCC Tanjungpinang.

Terdapat 29 kategori

No Pemberian Penghargaan Jumlah Kategori
1 Penghargaan untuk Dosen FIKP 8
2 Penghargaan untuk Pejabat  FIKP 2
3 Penghargaan untuk Mahasiswa FIKP 7
4 Penghargaan untuk Tenaga Kependidikan FIKP 4
5 Penghargaan untuk Pegawai FIKP 3
6 Penghargaan untuk Alumni FIKP 2
7 Penghargaan untuk Sahabat FIKP 1
8 Penghargaan untuk Mitra FIKP 1
9 Penghargaan untuk Kelompok Binaan FIKP 1
Jumlah Kategori 29

 

Ajang Pengahargan Kecemerlangan di Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan (FIKP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) “FIKP Award”.  Dalam kegiatan ini partisipasi semua kalangan di FIKP baik Dosen, Pegawai, Mahasiswa, dan Alumni ikut melakukan polling dengan link sebagai berikut:

 

No Status Akses Pemilih Link Akses Polling di Google Form
1 Dosen https://goo.gl/forms/uGoeA2OehLRDquoc2
2 Pegawai https://goo.gl/forms/977R2p2lFsG4LTqE2
3 Mahasiswa https://goo.gl/forms/ArVWr0hHvYjHWR6x1
4 Alumni https://goo.gl/forms/fFmd4hOQmZwdOSM92

 

1.       PENGHARGAAN UNTUK DOSEN FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Pemenang Reseach Grand (RG) Merupakan penghargaan kepada 4 Tim Dosen FIKP yang mendapatkan dana penelitian internal FIKP tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1.       Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si

2.       Azwin Apriandi, S.Pi, M.Si

3.       Henky Irawan, S.Pi, MP, M.Sc

4.       R. Marwita Sari Putri, S.Pi., M.Si

2 Dosen Peneliti Cemerlang Merupakan penghargaan kepada 10 Dosen FIKP yang mendapatkan penelitian hibah di simlitabmas kemritekdikti didanai tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1.       Dony Apdillah, S.Pi, M.Si

2.       Fitria Ulfah, SP., MM

3.       Risandi Dwirama Putra, S.T, M.Eng

4.       Tri Apriadi, S.Pi, M.Si

5.       Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si

6.       Tengku Said Razai, S.Pi, M.P

7.       Susiana, S.Pi, M.Si

8.       Azwin Apriandi, S.Pi, M.Si

9.       Ita Karlina, S.Pi, M.Si

10.   Arief Pratomo, ST., MSi.

3 Dosen Pengabdian Cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Dosen berdasarkan Dosen FIKP yang mendapatkan pengabdian masyarakat  hibah di simlitabmas kemritekdikti didanai tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1.       Henky Irawan, S.Pi, MP, M.Sc

2.       Tri Yulianto, S.Pi, MPSDA

4 Dosen kreatif dan inovatif cemerlang Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Dosen FIKP yang kreatif dalam mengajar dan menggunkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengajar.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Henky Irawan, S.Pi, M.Si, M.Sc

5 Dosen inspiratif cemerlang Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Dosen FIKP yang selalu memberikan inspirasi atau menjadi inspirasi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi.,DEA

6 Dosen mandiri Dan kerjasama cemerlang Merupakan penghargaan kepada 4 Dosen FIKP yang melakukan penelitian dan atau pengabdian masyarakat pada tahun 2017 dengan dana mandiri ataupun hasil MOU Mitra dengan FIKP.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1.       Henky Irawan, S.Pi, M.Si, M.Sc

2.       Azwin Apriandi, S.Pi., M.Si

3.       Dr. Ir. Hj. Khodijah Ismail, M.Si

4.       Tri Apriadi, S.Pi., M.Si

7 Dosen publikasi cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Dosen FIKP yang nama pertama pada 4 publikasinya di Jurnal terindeks scopus tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi.,DEA

8 Dosen kemahasiswaan Cemerlang Merupakan penghargaan kepada 3 Dosen FIKP yang merupakan Dosen Pendamping PKM yang timnya lolos simbelmawa kemenristekdikti dan kompetisi lainnya didanai tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1.       Henky Irawan, S.Pi, M.Si, M.Sc

2.       Fitria Ulfah, SP., MM

3.       Risandi Dwirama Putra, S.T, M.Eng

 

2.       PENGHARGAAN UNTUK PEJABAT FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Pejabat inspiratif cemerlang Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Pejabat FIKP yang selalu memberikan inspirasi atau menjadi inspirasi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Ketua Program Studi THP. Azwin Apriandi, S.Pi, M.Si

2 Pejabat inovatif Dan kreatif  cemerlang Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Pejabat FIKP yang kreatif dan menggunkan pendekatan baru dalam mengatur pekerjaan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Wakil Dekan 2 FIKP. Tengku Said Razai, S.Pi, MP

 

3.       PENGHARGAAN UNTUK MAHASISWA FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Mahsiswa Kreativ cemerlang Merupakan penghargaan kepada 22 Mahasiswa FIKP yang tergabung dalam 5 tim dimana tim PKM-nya lolos hibah simbelmawa kemeristekdikti dan kompetisi lainnnya didanai tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada ketua kelompoknya:

1.       Edwin Ghutowo

2.       Suhaili

3.       Bukhari

4.       Nurria Dwi Lestari

5.       Susilayanti Simbolon

2 Mahasiswa inspiratif cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Mahasiswa FIKP yang berprestasi dalam  bidang akdemik maupun  non akademik.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Iqbal Edmanda Naori Lubis

3 Mahasiwa wirausahawan cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Mahasiswa FIKP yang memiliki usaha wirausaha tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Indri Andini

4 Oragnisasi mahasiswa cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Organisasi Mahasiswa yaitu yang dinilai paling bagus program Dan pertanggungjawabannya tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Kelompok Minat Bakat mahasiswa (KMBM) FOSMI

5 Mahasiswa akademik Cemerlang 2014

 

Merupakan penghargaan kepada 1 Mahasiswa FIKP dengan  IPK tertinggi dari semua prodi pada angkatan 2014 pada tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Iwanto

6 Mahasiswa akademik Cemerlang 2015

 

Merupakan penghargaan kepada 1 Mahasiswa FIKP dengan IPK tertinggi dari semua prodi pada angkatan 2015 pada tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Wan Kirana Shabilla

7 Mahasiswa akademik Cemerlang 2016

 

Merupakan penghargaan kepada 1 Mahasiswa FIKP dengan IPK tertinggi dari semua prodi pada angkatan 2016 pada tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Yuri Indriani

 

4.       PENGHARGAAN UNTUK TENAGA KEPENDIDIKAN FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Tenaga Kependidikan

FIKP termodis cemerlang

 

Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Tenaga Kependidikan FIKP yang dalam kesehariannya di kampus berpenampilan yang mengikuti mode penampilan terbaru, rapi, menarik dan sopan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Risandi Dwirama Putra, ST, M.Eng

2 Tenaga Kependidikan

FIKP tergaul cemerlang

 

Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Tenaga Kependidikan FIKP yang dalam kesehariannya di kampus bersikap ramah dan membaur diberbagai kalangan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Chandra Joe Koenawan, S.Pi, M.Si

3 Tenaga Kependidikan

FIKP 1 Dekade cemerlang

 

Merupakan penghargaan kepada 1 Tenaga Kependidikan FIKP telah mengabdi 10 tahun pada tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Muzahar, S.Pi, M.Si

4 Tenaga Kependidikan

berjasa cemerlang

Merupakan penghargaan kepada 3 Tenaga Kependidikan FIKP yang pernah menjadi Dekan FIKP.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1.       Ir. Soharmoko, MP

2.       Dr. Ir. Tengku Efrizal, M.Si

3.       Dr. Ir. Bustami Ibrahim, M.Sc

 

5.       PENGHARGAAN UNTUK PEGAWAI FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Pegawai pencapaian seumur hidup cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Pegawai FIKP yang dinilai memiiki pencapaian seumur hidup dalam karirnya di FIKP.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Sukirno

2 pegawai inspiratif cemerlang Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Pegawai FIKP yang selalu memberikan inspirasi atau menjadi inspirasi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Sukirno

3 Pegawai inovatif Dan kreatif  cemerlang Merupakan penghargaan dari hasil polling dari goggle form pada 1 orang Pegawai FIKP yang kreatif dalam bekerja dan menggunkan inovasi teknologi dalam bekerja.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Bunga Paramita, SE., MM

 

6.       PENGHARGAAN UNTUK ALUMNI FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Alumni Inspiratif wirausaha cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Alumni FIKP yang menjadi inspirasi wirausaha pada tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Farouk Imam Mawardy, S.Pi

2 Alumni kreatif inovatif cemerlang  cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Alumni FIKP yang reatif Dan inovatif dalam bekerjasama dengan stake holder pada tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Mirawati, S.Pi

 

7.       PENGHARGAAN UNTUK SAHABAT FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Sahabat  cemerlang Merupakan penghargaan kepada 4 Sahabat FIKP yang telah banyak membantu FIKP selama ini.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1.       Deny Nusyirwan, ST., M.Sc

2.       Icip Priandika, S.Sos

3.       Meiriani

4.       M. Harzan Syah Hatta, S.E.,M.Ak

 

8.       PENGHARGAAN UNTUK MITRA FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Mitra cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Mitra FIKP yang telah menjalin kerjasama dan memberikan dampak yang nyata dalam kegiatan Thridharma FIKP.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: PT Bintan Hotels

 

1.       PENGHARGAAN UNTUK KELOMPOK BINAAN FIKP
No Kategori Penjelasan
1 Kelompok binaan cemerlang Merupakan penghargaan kepada 1 Kelompok Binaan FIKP yang aktif terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat FIPK tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada: Kelompok Kuda laut Senggarang

 

Tanjungpinang, 6 November 2017

Kontributor

Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc

NIP. 19830404 201504 1 001

 

Pengembangan Keahlian Tenaga Pendidik Melalui Pelatihan Polymerase Chain Reaction (PCR)

0

Tri Dharma Perguruan Tinggi secara jelas menyebutkan bahwa peran serta dosen adalah mengembangkan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga komponen tersebut saling menunjang untuk membangun iklim Perguruan Tinggi yang ideal. Salah satu usaha Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dalam menunjang terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah dengan melaksanakan pelatihan penggunaan Polymerase Chain Reaction (PCR) sebagai upaya meningkatkan keahlian dosen.

Polymerase Chain Reaction (PCR) adalah upaya untuk memperbanyak DNA dengan bantuan enzim. Reaksi ini biasanya digunakan pada bidang biologi molekuler untuk mengidentifikasi organisme-organisme yang ada di lingkungan. PCR juga dapat digunakan untuk autentikasi bahan baku yang digunakan pada produk makanan. Universitas Maritim Raja Ali Haji memiliki sarana dan prasarana biologi molekuler yang lengkap. Kualitas sumberdaya manusia yang handal diperlukan untuk memanfaatkan peralatan tersebut.

 

 

Pelatihan PCR dilaksanakan di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pelatihan disampaikan oleh tenaga Ahli dari genecraft melalui kegiatan perkuliahan dan praktek di laboratorium. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17-18 Oktober 2017. Kegiatan dimulai dengan pengenalan tentang PCR serta alat dan bahan yang biasa digunakan dalam bidang biologi molekuler tersebut. Pemahaman lebih mendalam diberikan melalui kegiatan praktek yang dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok memiliki tanggung jawab terhadap sampel masing-masing. Praktikum dibagi dalam beberapa tahapan antara lain ekstraksi sampel, penggunaan alat Polymerase Chain Reaction konvensional, penggunaan alat Real Time Polymerase Chain Reaction, dan pembacaan hasil PCR.

Kegiatan ini merupakan usaha Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Dr. Agung Dhamar Syakti untuk meningkatkan keahlian dosen di bidang biologi molekuler. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah kontribusi dosen UMRAH di bidang penelitian dan peran serta dosen dalam mengidentifikasi kekayaan biota yang ada di Kepulauan Riau.

MDS

Pemaparan dan Motivasi Mahasiswa UMRAH Berpartisipasi di PKM Usulan 2017

0

GERAKAN 100 PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN, UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

Pemaparan dan motivasi mahasiswa UMRAH berpartisipasi di PKM usulan 2017, Pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2017 jam 08.00 WIB sd Selesa, Bertempat di kampus FIKP ruangan Hypocampus

Laporan ketua pelaksana kegiatan

Narasumber Prof. Dr. Ir. Sulistiono, MSc bersama Dekan FIKP

 

Dosen dan mahasiswa peserta kegiatan

 

 

 

 

 

Proses pendampingan oleh Narasumber, Prof. Dr. Ir. Sulistiono, MSc Kepada kelompok mahasiswa, materi Narasumber “peningkatan motivasi 2017 UMRAH” dapat didownload di link ini: https://files.fm/u/yn88wwra

Tips dan trik pada naskah Proposal PKM

Hal-hal terkait kepatutan naskah:

  1. Ikuti semua aturan penulisan setiap jenis PKM sesuai aturan panduan, baca panduan secara detail.
  2. Jumlah dari halaman pendahuluan hingga penutup itu harus maksimal  10 halaman
  3. Tandatangan tidak boleh scan, sehingga harus lakukan tandatangan pada lemberan baru lembaran itu di scan dan digabungkan ke file Naskah
  4. Buat biaya di proposal sesuai anggaran maksimal, jangan melewati jumlah anggaran maksimal
  5. Sewaktu minta tandatangan lembaran pengesahan harus sudah disertakan nakahnya dan pada pengesahan sudah ada tandatangan ketua, dan secara berurutan tadatangan dosen pendamping, Wakidekan 1, dan terakhir wakil rektor 1

Hal-hal terkait isi keilmiahan naskah:

  1. Ikuti defenisi setiap jenis PKM sesuai aturan panduan, baca panduan secara detail.
  2. Tonjolkan kekhasan daerah/lokal atau kearifan lokal
  3. Dalam anggaran biaya hanya cantumkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melaksanakan PKM nya.
  4. Pada judul buat judul yang menarik terkesan fenomenal, sederhana dan mudah dimengerti yang mencerminkan PKM yang ingin di buat, mencerminkan solusi yang ingin dihasilkan
  5. Dalam PKM harus ada luaran kebermanfaatan tidak hanya untuk informasi kelimuan tapi ke masyarakat juga
  6. Kegiatan pada metode harus bisa tuntas dalam kurun waktu 3-5 bulan

 

Tips dan trik pada naskah hasil PKM

  1. Buat liputan dan penyebaran informasi secara mendiri di internet wen blog youtube medsos dll
  2. Daftar ikut Pameran di iven/ acara acara tahunan nasional seperti 17 agustus, dll.
  3. Masukkan produk ke took-toko swalayan
  4. Daftarakan ke pengakuan produk
  5. Urus izin usaha minimal yang sederhana
  6. Buat kemasan yang menarik
  7. Harus ada di buat keberlanjutan kegiatan setelah PKM berakhir, seperti kelembagan dimasyarakat yang melanjutkan, dllversi
  8. Universitas membuat wadah pameran PKM

Tanjungpinang, 4 Oktober 2017

Kontributor

Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc

NIP. 19830404 201504 1001

 

 

GERAKAN 100 PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

0

GERAKAN 100 PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA
FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN, UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

Hadiri!!!!!!!!

Pelajari Tips dan Trik nya

Ayo berani berilmiah

Percaya diri usulkan ide cemerlang Mu

Pemaparan dan motivasi mahasiswa UMRAH berpartisipasi di PKM usulan 2017

Pada:

hari Rabu tanggal 4 Oktober 2017 jam 08.00 WIB sd Selesai
Bertempat di kampus FIKP ruangan Hypocampus

Daftar pada Google Form untuk mendapatkan tempelate naskah 5 bidang PKM pada link ini: https://goo.gl/forms/uiI7w4CxzDpQUaCP2

Tanjungpinang 29 September 2017

Kontributor

Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc

DOSEN FIKP UMRAH TERIMA PENGHARGAAN

0

Adalah Tri Febrianto, S.Pi., M.Sci , Dosen muda Alumni sarjana Ilmu Kelautan FIKP UMRAH angkatan 2008 dan Dony Apdilla, S.Pi., M.Si merupakan Kandidat Doktor ilmu kelautan FIKP UMRAH yang memperoleh penghargaan sebagai “ Best participant on underwater acoustic training” oleh SEAMEO Biotrop Bogor. Instruent akuistik berupa Echo Sounder Singe Beam yang  digunakan dalam pelatihan ini merupakan alat dari Laboratorium FIKP UMRAH.

Atas penghargaan tersebut keduanya akan mendapatkan pendanaan  penelitian dari SEAMEO Biotrop Bogor untuk “deteksi ikan bilis menggunakan instrument akuistik”.

Tanjungpinang, 25 Agustus 2017

Kontributor

Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc

Seleksi ESI dan RG FIKP Award 2017

0

 

Seleksi Editing Service Incentive (ESI) dan Research Grant (RG) FIKP Award 2017

Dalam rangka meningkatkan kualiats dan kontribusi ilmiah FIKP terhadap ilmu dan keilmuan dibidang Ilmu Kelautan dan Perikanan dapat dilihat dari jumlah publikasi ilmiah yang diterbitkan pada jurnal-jurnal ilmiah bereputasi internasional. Pada pertengahan tahun 2017 FIKP UMRAH mencatatkan 5 dari 6 artikel pada jurnal internasional terindeks SCOPUS (www.scopus.com). Meskipun kontribusinya cukup dominan, jumlah ini sangat rendah, dalam 3 tahun terakhir rata-rata hanya 0.07 artikel per dosen per tahun.  Sejalan dengan visi dan misinya, FIKP UMRAH berkomitment dalam meningkatkan jumlah publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal bereputasi internasional dengan beberapa strategi diantaranya :

  • Meningkatkan reliabilitas data penelitian dengan membentuk research group dan team teaching yang solid dan sinergetik
  • Berbagi referensi primer yang up-to-date
  • Bantuan jasa Editing Service untuk meningkatkan kualitas scientific writing (add-cost)
  • Pemberian small Research Grant bagi tim peneliti dengan proposal riset yang prospektif untuk publikasi Internasional

Seleksi Editing Service Incentive (ESI) and Research Grant (RG) diadakan pada tanggal 25 Agustus 2017, hari jumat, jam 14.00-16.00 WIB di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) dengan komite penguji yaitu Dekan FIKP.  Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA dan Ketua LP3M. Dr. Viktor Amrifo, S.Pi, M.Si. Terdapat 4 tim pengusul yang mengikuti seleksi ini, yaitu:

Ketua tim pengusul: WIWIN KUSUMA ATMAJA PUTRA, S.Pi., M.Si

Judul: PENGARUH KOMBINASI DOSIS HORMON HUMAN CHORIONIC GONADOTOPIN DAN ANTIDOPAMIN YANG BERBEDA TERHADAP PEMIJAHAN IKAN BAWAL BINTANG Trachinotus blocgii

 

Ketua tim pengusul: AZWIN APRIANDI, S.Pi., M.Si

Judul penelitian: teknik IMOTILISASI IKAN BAWAL BINTANG Trachinotus blocgii MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN SENDUDUK Melastoma malabathrium L

 

Ketua tim pengusul: R. MARWITA SARI PUTRI, S.Pi., M.Si

JuduI penelitian:  DENTIFIKASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA BIOAKTIF DARI BRONOK Arcandina molpadioides S

 

Ketua tim pengusul: HENKY IRAWAN, S.Pi., MP,. M.Sc

Judul penelitian:  HIBRIDISASI IKAN LELE DUMBO Clarias gariepinus DENGAN IKAN SEMBILANG Plotosus canius UNTUK MENGHASILKAN IKAN LELE DUMBO YANG MEMILIKI TOLERANSI HIDUP DI AIR LAUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

Tanjungpinang, 25 Agustus 2017

Kontributor

Henky Irawan, S.Pi., MP,. M.Sc

Dekan FIKP UMRAH jadi Pembicara Internasional Symposium Marine Plastic Debris

0

Makassar, umrah.ac.id – Sampah plastik sudah menjadi persoalan serius dan isu global serta merupakan bagian masalah lingkungan. Indonesia bahkan peringkat kedua di dunia sebagai negara penghasil sampah plastik yang menjadi limbah di Laut setelah Tiongkok.

Persoalan tersebut menjadi tajuk International Symposium On Marine Debris Solution yang ditaja oleh Kementerian Ristekdikti, Kementerian Koordinator Kemaritiman, dan Universitas Hasanudin di Hotel Swissbell Makassar (9/8/2017).

Simposium Internasional ini merupakan rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-22 di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) UMRAH, Dr. Agung Dhamar Syakti menjadi salah satu speaker di simposium internasional yang dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam presentasinya, Dr. Agung Dhamar Syakti menyampaikan bahwa sampah plastik di laut (Marine Plastic Debris) juga menyebabkan pencemaran ikutan yang jauh lebih berbahaya.

“Dalam riset kolaborasi antara UMRAH, UNSOED dan AIx Marseille Perancis, kami menemukan dua kelompok senyawa yang berbahaya, yaitu PAHs dan PCBs  yang terbukti terjerap pada permukaan plastik di lokasi riset di perairan pantai Cilacap dan Segara Anakan” papar Agung.

Lanjutnya kemudian, “Konsentrasi cemaran ikutan (co-pollution) ini malah sampai 300 kali lebih tinggi dari konsentrasi yang ditemukan di Pasific Utara”

“Untuk di wilayah Kepri sendiri, kami di UMRAH akan melakukan kajian tentang pencemaran plastik di Kepri dengan mengobservasi remahan plastik pada organ pencernaan ikan dan melihat efeknya pada ikan pada level jaringan (histolog) sampai ke kerusakan DNA” Ujar peraih anugerah Prix Mahar Schützenberger ini

Selain menjadi speaker pada Simposium Internasional Marine Plastic Debris, Agung juga mewakili UMRAH pada agenda lain dalam rangkaian HAKTEKNAS, Rapat koordinasi Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi Kelautan untuk Pembangunan Kemaritiman Indonesia.(dip)