Beranda blog

Pengenalan Jasa Ekosistem Pesisir di SMAN 1 Bintan Timur

0

Kamis 10 Oktober 2020 Dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMAN 1 Bintan Timur dengan judul Pengenalan Jasa Ekosistem Pesisir.

Kegiatan ini dilakukan Dosen penerima dana hibah LP3M UMRAH yaitu Khairul Hafsar (Ketua, Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan), Khairunnisa (anggota, Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan) dan Aditya Hikmat Nugraha (anggota,Jurusan Ilmu Kelautan) serta melibatkan dosen lain yaitu Wahyu Muzammil (Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan), Aminatul Zahra (Budidaya Perairan) dan Yulia Oktavia (Teknologi Hasil Perikanan). Selain dosen kegiatan ini juga mengikutsertakan mahasiswa dari jurusan Ilmu Kelautan yaitu Anton (angkatan 2017).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi pentingnya jasa ekosistem pesisir bagi kehidupan. Siswa dan Siswi Sekoloah Menengah Atas merupakan mitra utama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarat yang di lakukan di Kabupaten Bintan.

Kabupaten Bintan dipilih karena memiliki ekosistem pesisir yang lengkap dan terjaga kelestariannya sehingga menjadi penting untuk tetap dilestarikan melalui pengenalan terhadap peran dan fungsi dari ekosistem tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan beberapa tahanap yaitu metode ceramah dengan menggunakan power point yang dipresentasikan langsung kepada siswa dan siswa SMAN 1 Bintan Timur yang ikut dalam kegiatan ini.

Selain mendengarkan presentasi, siswa dan siswi juga menonton video terkait dengan jasa ekosistem pesisir. Akhir rangkaian acara ditutup dengan lomba membuat poster secara berkelompok dan ditentukan 3 pemenang yang akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan. Untuk mengukur kemampuan pemahaman mahasiswa maka dilakukan pre test dan post test sehingga mendapatkan hasil pengukuran yang diinginkan.

Prodi Sosial Ekonomi Perikanan (SEP) FIKP-UMRAH Raih Akreditasi “B”

0

Senggarang (10/10), Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan (SEP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan meraih akreditasi “B” melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 4879/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020, menyatakan bahwa; Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Pada Program Sarjana Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Kota Tanjung Pinang memenuhi syarat peringkat untuk diberikan nilai Akreditasi B.

Kegiatan ini dilakukan melalui berbagai proses, mulai dari pengumpulan dokumen, pengajuan dokumen-dokumen serta pelaksanaan visitasi oleh para Asesor BAN-PT pada tanggal 18-19 September 2020. Asesor BAN-PT diketuai oleh Prof. Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc, dari Institut Pertanian Bogor, dan sebagai Anggota yakni Prof. Dr. Ir. Niette Vuca Huliselan, M.Sc dari Universitas Pattimura.
Akreditasi ini diharapkan dapat mendorong semangat seluruh komponen prodi baik mahasiswa, dosen, staf kependidikan untuk terus berkarya dan mengembangkan institusi serta menciptakan sumberdaya manusia yang unggul. Sertifikat akreditasi program studi SEP ini berlaku sejak tanggal 25 – Agustus – 2020 sampai dengan 25 – Agustus – 2025.

FIKP-UMRAH Berpartisipasi pada Pelatihan Sistem Penjamin Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT)

0

Senggarang (2/9), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) turut serta dalam kegiatan Pelatihan Sistem Penjamin Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) yang diselenggarakan oleh Kantor Jaminan Mutu, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari pada 31 Agustus – 1 September 2020.

Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom meeting dan dihadiri oleh 7 orang Tenaga Kependikan bidang Akademik dan Keuangan FIKP-UMRAH.  Peserta sangat berantusias mengikuti semua materi pelatihan yang diberikan.

Isi materi yang disampaikan terkait dengan Dokumen Akademik diantaranya; Kebijakan Akademik (KA), Standar Akademik (SA), Peraturan Akademik (PA), Kompetensi Lulusan (KL), Spesifikasi Program Studi (SP), Kurikulum-Peta kurikulum, dan Program Pembelajaran. Materi lainnya Dokumen Mutu yakni; Manual Mutu (MM), Prosedur Mutu (PM), Instruksi Kerja (IK), Dokumen Pendukung (DP), dan Borang (BO).

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan Tenaga Kependikan dalam penyusunan dokumen-dokumen penunjang untuk sistem penjamin mutu fakultas (ipp).

SAH, 3 CALON DEKAN FIKP-UMRAH PERIODE 2020-2024 DIAJUKAN KE REKTOR

0

Senggarang (06/07), Pemilihan Calon Dekan FIKP-UMRAH dilaksanakan secara daring via aplikasi zoom. Acara diawali oleh pembukaan oleh panitia, kata sambutan dari Rektor UMRAH (Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA), Ketua senat FIKP (Risandi Dwirama Putra, ST., M.Eng) dan sambutan dari Plt. Dekan FIKP (Azwin Apriandi, S.Pi., M.Si).

Terdapat 3 rangkaian acara yang dilaksanakan dalam tahapan ini yakni penyampaian program kerja dari 4 calon dekan FIKP-UMRAH, diskusi interaktif, dan rapat senat tertutup yang dihadiri oleh para calon dekan.

Pada penyampaian program kerja dihadiri oleh 47 partisipan, diantaranya Wakil Rektor 1 (Dr. Viktor Amrifo), Wakil Rektor 2 (Dr. Agus Salim), para Dosen FIKP, Tenaga Kependidikan, BEM, HMJ, Serta para mahasiswa.

Dalam penyampaian program kerja, calon Dekan No. urut 1 (Dr. Febrianti Lestari, S.Si., M.Si) memiliki motto “bersama menggapai kegemilangan FIKP-UMRAH”. Calon Dekan No. urut 2 (Henky Irawan, S.Pi., MP) memiliki motto “Smart, Sniper, Sprinter (Berlari Cepat Jitu Mengambil Peluang Jauh Kedepan). Calon Dekan No. Urut 3 (Dr. Muzahar, S.Pi., M.Si) memiliki motto “Bersama FIKP Kita Jaya”. Sedangkan calon Dekan No. Urut 4 (Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si) memiliki motto “Penyedia Ilmu Pegetahuan Perikanan Dan Kelautan Berbasis Kepulauan”.

Diskusi interaktif dilakukan setelah penyampaian program kerja. Dalam diskusi ini respon peserta sangat aktif, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan terkait dengan pengembangan kampus, kemahasiswaan, pengembangan SDM, pengembangan fakultas, serta membangun networking dengan pihak-pihak luar secara luas. Setelah diskusi interaktif berakhir, dilanjutkan dengan acara pemilihan calon dekan melalui sidang senat tertutup yang juga dihadiri oleh calon dekan. Pemilihan berlangsung dengan lancar dan melalui 3 putaran karena terdapat 3 calon yang jumlah suaranya sama. Hasil akhir memperoleh 3 nama yang akan diajukan kepada Rektor UMRAH. Ketiga nama calon Dekan FIKP tersebut yakni; Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si., Dr. Muzahar, S.Pi., M.Si, dan Dr. Febrianti Lestari, S.Si., M.Si. (ipp)

Profil Calon Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji Periode 2020-2024

0
  1. Dr. Febrianti Lestari, S.Si., M.Si. (Cv, Proker)
  2. Henky Irawan, S.Pi., M.Si. (CV, Proker)
  3. Dr. Muzahar, S.Pi., M.Si. (CV, Proker)
  4. Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si. (CV, Proker)

PENETAPAN CALON DEKAN FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI PERIODE 2020-2024

0

Senggarang (27/07), Berdasarkan Keputusan Senat Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji No. 27/UN53.2/OT/2020 tanggal 27 Juli 2020 mengenai Penetapan Calon Dekan FIKP UMRAH Periode 2020-2024, maka calon yang berhak lanjut ke tahap berikutnya adalah sebagai berikut:

1.Dr. Febrianti Lestari, S.Si., M.Si
2.Henky Irawan, S.Pi., M.Si.
3.Dr. Muzahar, S.Pi., M.Si.
4.Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si

Animo Tinggi, 4 Kandidat Calon Dekan FIKP-UMRAH Resmi Mendaftar

2

Senggarang (21/07), Batas waktu pendaftaran bakal calon dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH berakhir pada Selasa (21/07/2020). Empat bakal calon Dekan FIKP-UMRAH Periode 2020-2024 telah mendaftar secara resmi kepada panitia.

Bakal calon Dekan FIKP-UMRAH yang telah mendaftar diantaranya; Dr. Febrianti Lestari, S.Si., M.Si., (Dosen Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, FIKP-UMRAH), Bapak Dr. Muzahar, S.Pi., M.Si., (Dosen Program Studi Budidaya Perairan, FIKP-UMRAH), Bapak Hengky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc., (Dosen Program Studi Budidaya Perairan, FIKP-UMRAH), dan Ibu Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si., (Dosen Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK-UNRI).

Berkas yang telah diajukan oleh bakal calon Dekan FIKP-UMRAH akan diverifikasi oleh panitia pada tanggal 22-24 Juli 2020 (ipp).

PEMILIHAN DEKAN FIKP-UMRAH PERIODE 2020-2024

0
No.TahapanWaktu
1.Pengumuman persyaratan Bakal Calon dekan6-21 Juli 2020
2.Pendaftaran Bakal Calon Dekan6-21 Juli 2020
3.Verifikasi berkas Bakal Calon Dekan22-24 Juli 2020
4.Penetapan dan pengumuman Calon Dekan27 Juli 2020
5.Penyampaian program kerja dan dialog interaktif3 Agustus 2020
6.Pemilihan Calon Dekan3 Agustus 2020
7.Penyampaian nama Calon Dekan kepada Rektor oleh Senat Fakultas4 Agustus 2020
NoRincian Persyaratan Umum 
1Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2Dosen aktif yang memiliki pengalaman  sebagai dosen dengan jenjang akademik minimal Lektor 
3Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat ditetapkan oleh Rektor
4Memiliki pengalaman manajerial, minimal sebagai Kajur atau Sekjur atau jabatan yang setara
5Bersedia dicalonkan menjadi Dekan yang dinyatakan secara tertulis ;
6Menyatakan tidak mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai Calon Dekan;
7Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter dan psikolog dari rumah sakit pemerintah;
8Bebas narkotika, prekursor, dan zat adiktif lainnya yang dinyatakan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah;
9Setiap unsur penilaian prestasi kerja pegawai paling rendah bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
10Tidak sedang menjalani Tugas Belajar atau Izin Belajar lebih dari 6 (enam) bulan yang meninggalkan tugas Tridharma PT;
11Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
12Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap;
13Berpendidikan minimal Magister (S2);
14Tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
15Telah membuat dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi Tahun 2019 (Wajib bagi pejabat struktural sesuai dengan aturan yang berlaku)
No.Rincan Persyaratan Administrasi Balon Dekan FIKP
1Mengisi formulir pendaftaran Bakal Calon Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji Periode 2020-2024 (unduh di sini);
2Membuat surat pernyataan kesediaan sebagai Bakal Calon Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji Periode 2020-2024 (unduh di sini); (Dokumen dapat di unduh)
Salinan Surat Keputusan Rektor tentang pengangkatan sebagai Lektor 
3Surat Pernyataan Pakta Integritas (unduh di sini); (Dokumen dapat di unduh)
4Salinan Surat Keputusan Pengangkatan paling rendah sebagai Ketua Jurusan / Sekretaris Jurusan/ jabatan lain yang setara (pilih salah satu);
5Surat Keterangan dari atasan yang menyatakan pernah menjabat sebagaimana yang disebutkan dalam poin 5
6Fotokopi KTP atau tanda pengenal lain yang masih berlaku (pilih salah satu);
7Surat Pernyataan Bermaterai tidak mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai Calon Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH (unduh di sini); (Dokumen dapat di unduh)
8Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit Pemerintah;
9Surat Keterangan Bebas Narkotika dan Zat Adiktif lainnya dari Rumah Sakit Pemerintah;
10Salinan hasil penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan perilaku kerja paling rendah bernilai Baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
11Surat Pernyataan tidak sedang menjalani tugas belajar atau izin belajar lebih dari 6 (enam) bulan yang disahkan oleh atasan langsung;
12Surat Keterangan dari atasan yang menyatakan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
13Surat Pernyataan Tidak Pernah Dipidana dari Pengadilan Negeri setempat;
14Salinan Ijazah   S1,   S2, atau S3   yang dilegalisir
15Surat Pernyataan tidak pernah melakukan plagiat (unduh di sini); (Dokumen dapat di unduh)
16Salinan surat tanda terima penyerahan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Tahun 2019 (Wajib bagi pejabat struktural sesuai dengan aturan yang berlaku)
17Surat Pernyataan kesediaan mengikuti semua tahapan pemilihan Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH (unduh di sini); (Dokumen dapat di unduh)
18Pasfoto terbaru berwarna, berlatar biru ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar beserta soft file;
19Daftar Riwayat Hidup yang ditandatangani (unduh di sini); (Dokumen dapat di unduh)
20Program Kerja Bakal Calon Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH
NoRincian Pedoman Umum
1Pendaftaran dibuka dari tanggal 6-21 Juli 2020
2Pelamar mengisi formulir pendaftaran;
3Pelamar menyampaikan kelengkapan berkas dengan cara :
aMengirimkan salinan berkas persyaratan admnistrasi ke alamat email: pildekfikp@umrah.ac.id
bMengantarkan langsung berkas asli atau melalui ekspedisi dengan tujuan Panitia Pemilihan Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji Periode 2020-2024, Gedung Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH, Jl. Politeknik Senggarang, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau pada hari kerja Senin s.d Jumat mulai pukul 08.00-16.00 WIB;
4Bagi pelamar yang diwakili dalam pengantaran langsung kelengkapan berkas diharuskan membuat surat kuasa bermaterai;
5Kelengkapan berkas disusun sesuai urutan seperti disebutkan pada menu Persyaratan Administrasi.
6Batas akhir penerimaan berkas Bakal Calon Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH melalui ekspedisi atau Pengantaran Langsung paling lambat diterima pada tanggal 21 Juli 2020 pukul 16.00 WIB;
7Apabila selama masa pendaftaran terdapat kekurangan kelengkapan berkas maka pelamar diharuskan melengkapi berkas yang kurang;
8melengkapi kekurangan berkas diterima paling lambat hari terakhir pendaftaran;
9Apabila pelamar tidak memenuhi ketentuan persyaratan administrasi pendaftaran di atas sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka pelamar dapat dinyatakan gugur;
10Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila terdapat data yang diisikan tidak benar, maka Pelamar dapat dinyatakan gugur;
11Pelamar dapat mengikuti tahapan selanjutnya apabila telah ditetapkan sebagai Bakal Calon Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji Periode 2020-2024;

DOKUMEN PENDAFTARAN

Webinar FIKP-UMRAH Dengan Tema “From Lab to Market” Motivasi Kreativitas Mahasiswa

1

Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji kembali melakukan Webinar (26/06/2020), kali ini mengangkat tema “From Lab to Market”  demi tujuan memotivasi mahasiswa dan juga lulusan FIKP agar memiliki daya saing dalam dunia usaha,  terutama dalam bidang perikanan dengan mengangkat hasil penelitian mereka yang dalam skala laboratorium menjadi produk atau teknologi komersial yang dapat diterima pasar.

Webinar kali ini dipandu oleh M. Nur Ghoyatul Amin, S.TP, MP, M.Sc yang merupakan dosen Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga dan juga merupakan PhD student, jurusan kimia pangan di Universitat fur Bodenkultur Wien, Austria. Sebagai moderator Ia mengungkapkan bahwa tema yang diangkat “From Lab to Market” sangat menarik Perkembangan dan Kemajuan Teknologi membawa Perguruan Tinggi harus Link Macth dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU-DI) untuk menjawab besarnya potensi market produk perikanan. Berbagai produk inovasi hasil perikanan telah banyak dihasilkan di Perguruan Tinggi namun kendala yang dihadapi saat ini adalah belum banyak digunakan produk inovasi hasil riset oleh UMKM atau Dunia Usaha. Kemampuan dalam menjual ide atau produk inovasi menjadi tantangan dan peluang di era digital saat ini.

Terdapat dua narasumber dalam webinar kali ini seperti yang disampaikan host, Endah Putri Apriliani yang merupakan seorang mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan FIKP UMRAH. Narasumber yang pertama adalah Natalia Prodiana, S.Pi., M.Si yang nerupakan Owner Lasaree Seaweed Yogurt dan juga bekerja Bekerja di Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) dari tahun 2005 sampai sekarang. Ia menyatakan banyaknya inovasi yang diciptakan dalam skala laboratorium oleh mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir harus dapat dikembangkang, sehingga dapat dipakai oleh pelaku pengusaha hingga terciptanya komersialisasi inovasi “from lab to market” .

Dalam webinar ini Natalia Prodiana tak segan-segan untuk sharing ilmu dan pengalaman nya untuk mewujudkan ini. Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu taktik terpenting untuk mewujudkan komersialisasi baik berupa produk atau teknologi adalah kepintaran si pencipta teknologi/produk untuk menyesuaikan hasil inovasinya berdasarkan kebutuhan si pelaku usaha. Webinar berlanjut dengan paparan oleh narasumber kedua yaitu Ary Nugraha S.IP seorang  Founder/ CEO Keroncongantar.com  dan juga pengurus HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Pekanbaru. Ary Nugraha berbagi pengalaman nya sebagai pelaku usaha yang menerapkan sistim online selama empat tahun. Ia menyatakan bahwa internet mempermudah dalam memperoleh penghasilan, dan menghimbau mahasiswa lebih memanfaatkan smartphone, media sosial untuk yang bermanfaat (ipp).

ISPIKAN DPC KEPRI dan FIKP UMRAH Sukses Gelar Webinar Dengan Tema “Kupas Tuntas Kehidupan dan Manfaat Siput Gonggong Sebagai Ikon Tanjungpinang-Kepri”

0

Ahad 28 Juni 2020 Ikatan Sarjana Perikanan Dewan Pimpinan Cabang Kepulauan Riau (ISPIKANI DPC KEPRI) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP UMRAH) sukses menggelar Webinar. Webinar dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB yang dihadiri kurang lebih 170 peserta dari berbagai instansi dan kota/kabupaten di Indonesia. Siput Gonggong yang merupakan ikon Tanjungpinang menjadi daya tarik bagi peserta untuk mengikuti webinar ini.

Webinar dibuka oleh Host (Khairul Hafsar) kemudian sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang (Drs. H. Ahadi), Ketua (MPHPI) Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia (Ir. Ady Surya), dan Ketua ISPIKANI DPC KEPRI sekaligus sebagai Rektor UMRAH (Dr. Agung Dhamar Syakti).

Acara inti dipimpin oleh Moderator (Muin Sinaga, S.Pi) yang merupakan Wakil I ISPIKANI DPC KEPRI dan juga ASN di Dinas Perikanan Kabupaten Bintan. Webinar diisi 5 Pembicara yang berurutan di paparkan oleh :

  1. Drs. Surjadi, MT (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang) yang memaparkan materi tentang gonggong ikon Tanjungpinang dalam mendukung pariwisata Kepri.
  2. Dr. Lily Viruly, S.TP., M.Si (Dosen Teknologi Hasil Perikanan THP FIKP UMRAH, Peneliti Muda South East Asia, Food and Agricultural Center LPPM IPB) yang memaparkan materi tentang diversifikasi produk dari siput gonggong.
  3. Susiana, S.Pi., M.Si (Dosen Manajemen Sumberdaya Perairan) MSP FIKP UMRAH) yang memaparkan materi tentang habitat siput gonggong.
  4. Dr. Ani Suryanti, S.Pi., M.Si (Sekretaris ISPIKANI DPC KEPRI dan Dosen Sosial Ekonomi Perikanan SEP FIKP UMRAH) yang memaparkan pentingnya ekobiologi gonggong untuk domestifikasi dan budidaya.
  5. Dr. Muzahar, S.Pi., M.Si (Dosen Budidaya Perairan BDP FIKP UMRAH) yang memaparkan materi tentang prospek dan tantangan budidaya siput gonggong.

Pada akhir paparan pemateri moderator mempersilahkan peserta untuk bertanya dan diskusi dengan para pemateri. Pertanyaan disampaikan secara langsung kepada pemateri. Penanya terdiri dari 4 orang dari berbagai instanti dan kota/kabupaten.  Sesi diskusi ini berlangsung kurang lebih 30 menit. Banyak hal yang menarik ditanyakan oleh peserta yang dengan baik dijawab oleh pemateri. Pada akhir diskusi moderator menyimpulkan hasil webinar yang sangat menarik, terutama pada tantangan budidaya dari siput gonggong. Acara di tutup oleh host dan memberikan kesempatan pada peserta untuk menyapa para pemateri (ipp).