[tabs style=”h1″ icon_color=”#ffffff” icon_current_color=”#1e73be”]
[tab title=”HOME” icon=”momizat-icon-home” ]

Visi Program Studi Budidaya Perairan (2015-2025).

Menjadi program studi terkemuka dalam pengembangan IPTEK Budidaya Laut Di Indonesia Bagian Barat Pada Tahun 2025

 

Misi Program Studi Budidaya Perairan

Sebagai realisasi visi diatas, ditetapkan misi Program Studi Budidaya Perairan:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berpusat pada IPTEK Budidaya dalam rangka menghasilkan sarjana perikanan yang professional, mandiri serta berjiwa Entrepreneur untuk mendukung pembangunan perikanan dan kelautan yang berkelanjutan.
  • Menyelenggarakan penelitian, pengabdian masyarakat dibidang Budidaya berbasis potensi lokal guna mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu.
  • Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan instansi pemerintah, swasta atau lembaga lain yang terkait dalam rangka menunjang dan menyebarluaskan konsep-konsep pemikiran dalam upaya mendukung pengembangan budidaya berkelanjutan.

 

Tujuan Program Studi Budidaya Perairan

Tujuan yang ingin dicapai dalam menyelenggarakan proses pendidikan di Program Studi Budidaya Perikanan

  • Mengembangkan program pendidikan yang mempunyai relevansi dengan potensi daerah untuk memenuhi kebutuhan regional, nasional dan global.
  • Menghasilkan sarjana budidaya perairan yang berkemampuan akademik tinggi dalam rekayasa dan pengelolaan budidaya perikanan yang berbasis sumberdaya lokal dan lingkungan.
  • Berperan serta dengan pelaku-pelaku pembangunan perikanan dan kelautan dalam menyusun kebijakan, rencana dan program pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan.
  • Membangun kemitraan dan kolaborasi (net working) yang tangguh dengan pelaku pembangunan untuk memberdayakan masyarakat dan pelaku pembangunan perikanan dan kelautan.

 

Profil Lulusan Program Studi Budidaya Perairan

Profil lulusan Prodi Budidaya Perairan S1 ditentukan melalui mekanisme penggabungan visi akademik, analisis kebutuhan pasar dan masukan dari asosiasi profesi, pihak stakeholder dan masyarakat, kemudian dilakukan analisis SWOT (Strengths, weakness, oportuities, dan threats), Sehingga lulusan prodi Budidaya perairan S1 diharapkan akan menjadi:

  • Pemimpin pada Instansi Pemerintah Maupun Swasta
  • Pengusaha Perikanan Budidaya
  • Ilmuwan (Tenaga ahli, Tenaga Pendidik, Peneliti)
  • Konsultan Perikanan Budidaya Laut

.

Kompetensi Lulusan Budidaya Perairan

Sesuai dengan tujuan Program Studi Budidaya Perairan yang telah dirumuskan, maka setiap mahasiswa pada Program Studi Budidaya Perairan diwajibkan untuk memeneuhi standar kompetensi untuk dapat menyelesaikan studi (Lulus) pada Program Studi Budidaya Perairan.

 

Rumusan Umum Kompetensi Lulusan

Rumusan umum kompetensi lulusan di Program Studi Budidaya Perairan melingkupi capaian pembelajaran program studi (PLO), sebagai berikut:

  1. Menerapkan keilmuan yang berintegritas, berkualitas, profesional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, madani, transpormatif dan inovatif.
  2. Menerapkan substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  3. Menerapkan kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menerapkan kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  5. Menerapkan kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

 

Rumusan Rinci Capaian Pembelajaran

Rumusan rinci capaian pembelajaran di Program Studi Budidaya Perairan dihasilkan dari penjabaran kompetensi lulusan (PLO) menjadi Capaian Pembelajaran Perkuliahan (CLO), sebagai berikut:

  • Memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan professional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, madani, Transpormatif dan inovatif.
  • Menguasai substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  • Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Memiliki kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  • Memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

Dosen

  1. Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc
  2. Muzahar, S.Pi., M.Si
  3. Rika Wulandari, S.Pi., M.Si
  4. Tengku Said Raza’i, S.Pi., MP
  5. Tri Yulianto, S.Pi., MPSDA
  6. Wiwin Kusima Atmaja Putra, S.Pi., M.Si

dosen-bdp

Sarana Publikasi: Jurnal InTek Akuakultur

OJS InTek Akuakultur

[/tab]
[tab title=”SAMBUTAN KETUA PRODI” icon=”momizat-icon-quill” ]  berkonsentrasi dalam bidang MARIKULTUR sebagai jatidiri dan kekhasan dibandingkan dengan program studi sejenis lainnya. Konsentrasi ini dilandasi dengan posisi geografi dan sebagian besar usah yang ada adalah Budidaya Ikan Laut dengan komoditi khas diantaranya Gonggong, Napoleon, Bawal Bintang, Kerapu, Kakap Putih, Kakap Merah, Kuda Laut, Semibilang, Baronang, Kepiting, Rajungan, Teripang, dan Udang Kipas. Program Studi Budidaya Perairan memiliki SK Izin Operasional Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 472/E/O/2013 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Budidaya Perairan Tanggal 1 Oktober 2013 sebagai landasan dalam melaksanakan kegiatan akademik perkuliahan. Pada Tahun 2017 program Studi Budidaya Perairan telah melakukan pengiriman Borang Akreditasi ke BAN PT semoga mendapatkan hasil yang maksimal walupun belum memiliki lulusan. Program Studi budidaya Perairan juga sedang mempersiapkan penerbitan pertama Jurnal InTek Akuakultur sebagai wadah dalam mempublikasi hasil penelitian dosen, lulusan dan pihak lain yang bergerak dalam bidang akuakultur. Saat ini Program Studi Budidaya Perairan masih memiliki dosen berjumlah 6 orang dan 1 dosen Luar Biasa yang sedang masa proses pengajuan sebagai Dosen Tetap Non PNS. Upaya program studi Budidaya Perairan dalam mengembangkan diri diantaranya dengan meningkatkan kerjasama, penelitian, pengabdian, publikasi jurnal terakreditasi maupun internasional, dan juga melengkapi sarana dan prasarana perkuliahan maupun laboratorium. Akuakultur (Budidaya Perairan) akan tetap berkembang selama keilmuan, dan teknologi dapat diterapkan sebagai solusi dari suatu tantangan didalam usaha budidaya. Insaallah dengan kerja sama dari semua pihak Program Studi Budidaya Perairan di Universitas Maritim Raja Ali Haji ini akan menjadi rujukan pusat penelitian dan kajian marikultur Indonesia.   Terima Kasih Kota Tanjungpinang, 1 Maret 2017 Ketua Program Studi Budidaya Perairan Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si NIP. 19880725 201404 1 001 [/tab]
[tab title=”PROGRAM RISET ” icon=”momizat-icon-joomla” ]Program Riset Mahasiswa   XX   Program riset mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan terbagi menjadi 3 diantaranya:

  1. Program Riset Reproduksi dan Endokrinologi Ikan Laut

Ketua: Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si Anggota : Muzahar, S.Pi, M.Si Program Riset ini fokus dalam aspek Reproduksi (Maturasi, Ovulasi, Spawning, Telur, Larva, sex reversal, sex differensiasi) maupun penerapan hormone ( Reproduksi, pertumbuhan dll) dalam meningkatkan progduksi marikultur.

  1. Nutrisi dan Kesehatan Ikan Laut

Ketua : Tengku Said Razai, S.Pi, M.P Anggota : Rika Wulandari Program riset ini menfokuskan diri dalam bidang Nutrisi dan kesehatan ikan budidaya khususnya ikan laut sebagai komoditi utama.

  1. Teknologi dan Bioteknologi Marikultur

Ketua : Henky Irawan, S.Pi, M.P, M.Sc Anggota : Tri Yulianto, S.Pi, M.PSDA Program riset ini menfokuskan diri pada inovasi teknologi dan penerapan bioteknologi dalam usaha marikultur.  [/tab]
[tab title=”STRUKTUR ORGANISASI” icon=”momizat-icon-library” ]  Struktur Organisasi Program Studi Budidaya Perairan Struktur Program Studi Budidaya Perairan adalah sebagai berikut:   Ketua Program Studi : Wiwin Kusuma Atmaja Putra, S.Pi, M.Si Sekertetaris Program Studi : Rika Wulandari, S.Pi, M.Si Kepala Laboratorium : Tri Yulianto, S.pi., MPSDA Pengurus Jurnal Intek Akauakultur: Henky Irawan, S.Pi, M.P, M.Sc   Gambaran Struktur Organisasi Program Studi Budidaya Perairan terlihat pada Gambar dibawah ini: Gambar. Struktur Organisasi Program Studi Budidaya Perairan, FIKP, UMRAH  [/tab]
[tab title=”RENCANA STRATEGIS 2015-2025″ icon=”momizat-icon-keyboard” ]  Rencana Strategis Program Studi   Rencana Strategis Program Studi Budidaya Perairan dimulai 2015 – 2025 untuk mencapai visi, misi, tujuan adalah sebagai berikut: Sasaran

  1. Kurikulum yang berbasis kualifikasi nasional Indonesia
  2. Peningkatan jumlah calon mahasiswa baru
  3. Jumlah lulusan minimal 10 mahasiswa dengan IPK rata-rata 2.8
  4. Persentase Mahasiswa yang Lulus tepat waktu (4 tahun) adalah 50%
  5. Jumlah lulusan yang bekerja pada bidangnya (termasuk wiraswasta) minimal 50% dalam waktu satu tahun setelah tanggal lulusan
  6. Meningkatkan Jumlah lulusan yang melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi (S2) minimal 10% dari total lulusan yang ada
  7. Penelitian dan publikasi ilmiah yang dilaksanakan minimal 1 kali per dosen dalam satu tahun
  8. Jumlah pengabdian masyarakat minimal 1 kali per dosen dalam satu tahun
  9. Meningkatkan dosen untuk berkualifikasi Doktor
  10. Sistem pelayanan akademik online dan terpadu
  11. Tersedia laboratorium budidaya perairan yang terakreditasi
  12. Menigkatkan kerja sama dengan universitas lain, pemerintah, pengusah

Strategi Pencapaian

  1. Jangka Pendek (tahun 2015-2016)
  2. Merancang kurikulum Program Studi Budidaya Perairan sesuia standar KKNI
  3. Melakukan sosialisasi program studi Budidaya Perairan ke sekolah-sekolah dan melakukan penjaringan melalui 4 sistem penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, Mutiara, MANDIRI)
  4. Melakukan pembimbingan akademik yang intensif sehingga mahasiswa dapat mencapai IPK terendah 2.8
  5. Memberikan bimbingan intensif dalam pengerjaan proposal hingga skripsi sehingga dapat lulus tepat waktu
  6. Memberi motivasi agar mahasiswa dapat belajar menjalankan usaha budidaya ikan serta mengajukan PKM kewirausahaan dengan tema budidaya ikan sehingga saat lulus mahasiswa tidak lama menunggu karena telah menjadi wirausaha.
  7. Selalu memberi motivasi disetiap perkuliahan agar mahasiswa beasiswa bidik misi ada yang melanjutkan kejenjang S2.
  8. Membagi dosen menjadi 2 tim dalam pengajuan hibah penelitian DIKTI sehingga setiap dosen di Prodi Budidaya Perairan setiap tahunnya memiliki program penelitian dan publikasi sebagai luaran dari penelitiannya.
  9. Memberi himbauan untuk mengajukan hibah pengabdian masyarakat DIKTI maupun mandiri setiap tahunnya
  10. Memberikan izin tugas belajar untuk dosen yang telah berumur khususnya sehingga kedepan program studi semakin banyak dosen berkualifikasi doktor.
  11. Melakukan pendampingan pengisian hingga penyelesaian permasalahan mengenai Sistem Informasi Pengetahuan Akademik (SIPA) sebagai upaya pelayanan publik yang optimal.
  12. Merencanakan dalam pengadaan alat laboratorium sehingga kedepan laboratorium Prodi Budidaya Perairan dapat terakreditasi
  13. Melakukan kerja sama dalam bidang penelitian, magang mahasiswa dengan pihak instansi, swasta dan pembudidaya baik yang telah memiliki MOU atau perjanjian kerja sama maupun dengan sistem kedekatan pribadi.
  14. Melakukan pelatihan atau worshop mengenai peningkatan sistem pembelajaran, penulisan jurnal internasional dan berbagai hal yang diperlukan oleh dosen dan mahasiswa.
  15. Jangka Menengah (tahun 2015-2020)
  16. Melakukan updating materi setiap matakuliah serta mengevaluasi pelaksanaan kurikulum tahun 2015 setiap tahunnya hingga 5 tahun kedepan.
  17. Melakukan promosi, sosialisasi beasiswa bidikmisi dan rekruitmen dengan 4 sistem setiap tahunnya.
  18. Membenahi prosedur operasional dalam pelaksanaan akademik khususnya SOP Magang, Skripisi sehingga dapat lebih efisien penyelesaiannya
  19. Melakukan sosialisasi, pembekalan dan penjadwalan dalam kegiatan magang, kkn, skripsi
  20. Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam Program Kreatyivitas Mahasiswa (PKM) kewirausahaan sehingga semakin banyak mahasiswa yang dapat berwirausaha secara mandiri.
  21. Memmberikan pelatihan maupun worshop yang berkaitan tentang akuakultur
  22. Melakukan acara kumpul bareng alumni sehingga akan menumbuhkan semangat mahasiswa dalam melanjutkan studi ke jenjang s2
  23. Melakukan kerja sama baik pribadi maupun konsorsium dengan dosen perguruan tinggi lainnya baik dalam penelitian maupun pengabdian masyarakat.
  24. Membuat roadmap penelitian program studi sehingga dapat terarah riset di program studi budidaya perairan.
  25. Membuat roadmap tentang tugas belajar setiap berapa setiap tahun jika jumlah dosen telah mencukupi
  26. Mengajukan penyediaan bahan habis pakai yang dibutuhkan untuk operasional alat laboratorium Budidaya Perairan dan laboran yang memiliki kompetensi dalam menjalankan alat-alat yang ada.
  27. Merencanakan program pelatihan, seminar bagi dosen dan juga tenaga kependidikan serta laboran agar semakin meningkat kualitasnya.
  28. Memberikan insentif untuk publikasi jurnal akreditasi nasional, internasional dan buku.
  29. Menyediakan jurnal Program Studi yaitu INTEK AKUAKULTUR yang ber ISSN sehingga hasil penelitian dosen maupun mahasiswa dapat dipublikasikan di jurnal tersebut. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/intek
  30. Menjalin hubungan yang baik dengan instansi yang memberi fasilitasi magang maupun menyerap lulusan BDP nantinya.
  31. Jangka Panjang (tahun 2015-2025)
  32. Membuat kerjasama antara program studi dengan sekolah-sekolah kejuruan Perikanan sehingga lulusan SMK Perikanan dapat menjadi sumber mahasiswa baru Program Studi Budidaya Perairan FIKP UMRAH
  33. Memperbaiki dan menyempurnakan kurikulum program studi Budidaya Perairan setiap 5 tahun sekali sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan akuakultur dunia
  34. Membukukan setiap SOP dan melakukan evaluasi melalui pengisian kuisioner terhadap pelaksanaan setiap SOP oleh dosen, tenaga kependidikan
  35. Membuat MOU maupun Perjanjian Kerja Sama dengan instansi, swasta maupun pelaku usaha budidaya baik didalam negeri maupun internasional
  36. Membuat budaya penelitian dan pengabdian bagi dosen di Program Studi Budidaya Perairan
  37. Membuat Research and Development Center for Mariculture
  38. Membuat buku kumpulan hasil penelitian dan pengembangan marikultur di Kepulauan Riau
  39. Melakukan akreditasi Laboratorium Budidaya Perairan
  40. Membuat Himpunan Alumi Akuakultur UMRAH
  41. Mendukung publikasi dan seminar internasional setiap dosen
  42. Pemenuhan jumlah dosen, tenaga kependidikan dan laboran yang ideal agar kegiatan pelayanan berjalan dengan maksimal.
  43. Melakukan kegiatan seminar nasional dan internasional marineculture.
  44. Mendukung seluruh dosen program studi budidaya perairan berpendidikan akhir Doktor (S3)

 [/tab]
[tab title=”AKADEMIK (KURIKULUM)” icon=”momizat-icon-books” ]  Akademik Matakuliah Daftar matakuliah yang mesti diambil oleh mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan hingga lulus adalah 144 SKS baik Matakuliah Universitas, Fakultas, Program Studi dan Pilihan. Daftar dan sebaran Matakuliah di Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, UMRAH adalah sebagai berikut: Semester I.

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
I UM 1 1 0 1 Pendidikan Agama 3 (3-0)
UM 1 1 0 7 Tamadun dan Tunjuk Ajar Melayu 3 (3-0)
UM 1 1 0 6 Pengantar Ilmu dan Teknologi Kemaritiman 3 (3-0)
UM 1 1 0 4 Bahasa Indonesia 3 (3-0)
FI 1 1 1 0 Matematika 3 (3-0)
IB 1 2 2 2 Biokimia 3 (2-1)
J U M L A H 18

  Semester 2

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
II UM 1 1 0 2 Pendidikan Pancasila 3 (3-0)
UM 1 1 0 5 Bahasa Inggris 3 (2-1)
FI 1 1 0 8 Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan 2 (2-0)
FI 1 1 1 2 Metode Statistika 3 (2-1)
FI 1 1 0 9 Pengantar Ilmu Ekonomi 2 (2-0)
IB 1 2 2 0 Renang 2 (2-0)
IB 1 2 2 3 Oseanografi 3 (2-1)
J U M L A H 18

Semester 3

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
III UM 1 1 0 3 Pendidikan Kewarganegaraan 3 (3-0)
FI 1 1 1 3 Avertebrata Air 3 (2-1)
FI 1 1 1 7 Biologi Perikanan 3 (2-1)
IB 1 2 2 1 Komputasi dan Pengolahan Data Perikanan 3 (2-1)
IB 1 1 2 6 Mikrobiologi Perairan 3 (2-)
IB 1 2 2 7 Peraturan Perikanan 2 (2-0)
IB 1 1 2 5 Endokrinologi 3 (2-1)
J U M L A H 20

  Semester 4

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
IV FI 1 1 1 5 Perancangan Percobaan 3 (2-1)
FI 1 1 1 4 Iktiologi 3 (2-1)
FI 1 1 1 1 Ekologi Perairan 3 (2-1)
IB 1 2 2 4 Fisiologi Hewan Air 3 (2-1)
IB 1 1 2 8 Sistem Teknologi Akuakultur 3 (2-1)
IB 1 1 2 9 Studi Kelayakan Usaha Akuakultur 3 (2-1)
J U M L A H 18

  Semester 5

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
V FI 1 1 1 8 Metodelogi Penelitian 3 (2-3)
FI 1 1 1 9 Ilmu Komunikasi Masyarakat 2 (2-0)
IB 1 1 3 3 Kultur Pakan Alami 3 (2-1)
IB 1 1 3 0 Kultur Air Tawar dan Payau 3 (2-1)
IB 1 1 3 4 Nutri dan Teknologi Pakan Ikan 3 (2-1)
IB 1 1 3 2 Kultur Ikan Hias dan Akuariologi 3 (2-1)
IB 1 1 3 7 Bioteknologi Akuakultur 3 (2-1)
J U M L A H 20

  Semester 6

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
VI FI 1 1 1 6 Kewirausahaan 3 (2-1)
IB 1 1 3 1 Marikultur 3 (2-1)
IB 1 1 3 5 Manajemen Kualitas Air 3 (2-1)
IB 1 1 3 6 Manajemen Kesehatan Ikan 3 (2-1)
IB 1 1 4 1 Industrialisasi Akuakultur 2 (2-0)
IB 1 1 3 8 Rekayasa Genetika Ikan 3 (2-1)
IB Mata Kuliah Pilihan 4 3 (2-1)
JUMLAH 20

Semester 7

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
VII IB 1 1 3 9 Teknologi Pasca Panen 3 (2-1)
IB 1 1 4 0 Teknologi Pengolahan Limbah Akuakultur 3 (2-1)
IB 1 1 4 2 Praktik Keterampilan Lapang 4 (0-4)
IB 1 1 4 4 Seminar 1 (1-0)
IB Mata Kuliah Pilihan 1 3 (2-1)
IB Mata Kuliah Pilihan 2 3 (2-1)
J U M L A H 17

  Semester 8

SMT KODE MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH
VIII IB 1 1 4 3 Kuliah Kerja Nyata 4 (0-4)
IB 1 1 4 5 Skripsi 6 (6-0)
IB Mata Kuliah Pilihan 3 3
J U M L A H 13
TOTAL 144

Matakuliah pilihan semester Ganjil

SMT KODE MATA KULIAH PILIHAN SKS
MATA KULIAH
Ganjil IB 1 3 4 6 Manajemen Produksi Akuakultur 3 (2-1)
IB 1 3 4 8 Fisiologi Tingkah Laku Larva 3 (2-1)
IB 1 3 4 9 Histologi 3 (2-1)
IB 1 3 5 1 Patologi 3 (2-1)
IB 1 3 5 2 Rancang Bangun Media Akuakultur 3 (2-1)
IB 1 3 5 7 Pengembangan Bioteknologi Akuakultur 3 (2-1)
J U M L A H 18

Matakuliah Pilihan Semester Genap

SMT KODE MATA KULIAH PILIHAN SKS
MATA KULIAH
Genap IB 1 3 5 3 Fisiologi Nutrisi 3 (2-1)
IB 1 3 5 0 Immunologi 3 (2-1)
IB 1 3 5 4 Bioremediasi 3 (2-1)
IB 1 3 4 7 Seleksi Induk Akuakultur 3 (2-1)
IB 1 3 5 5 Manajemen Produksi dan Pemberian Pakan 3 (2-1)
IB 1 3 5 6 Manajemen Media Akuakultur 3 (2-1)
IB 1 3 5 8 Aplikasi Bioteknologi Akuakultur 3 (2-1)
J U M L A H 21

Catatan:

  1. hanya membuka 4 matakuliah pilihan, perubahan jumlah matakuliah
  2. pilihan yang di tawarkan dapat terjadi.

 [/tab]
[tab title=”GALERY” icon=”momizat-icon-image2″ ]  [/tab]
[/tabs]

Visi Program Studi Budidaya Perairan (2015-2025).

Menjadi program studi terkemuka dalam pengembangan IPTEK Budidaya Laut Di Indonesia Bagian Barat Pada Tahun 2025

 

Misi Program Studi Budidaya Perairan

Sebagai realisasi visi diatas, ditetapkan misi Program Studi Budidaya Perairan:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berpusat pada IPTEK Budidaya dalam rangka menghasilkan sarjana perikanan yang professional, mandiri serta berjiwa Entrepreneur untuk mendukung pembangunan perikanan dan kelautan yang berkelanjutan.
  • Menyelenggarakan penelitian, pengabdian masyarakat dibidang Budidaya berbasis potensi lokal guna mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu.
  • Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan instansi pemerintah, swasta atau lembaga lain yang terkait dalam rangka menunjang dan menyebarluaskan konsep-konsep pemikiran dalam upaya mendukung pengembangan budidaya berkelanjutan.

 

Tujuan Program Studi Budidaya Perairan

Tujuan yang ingin dicapai dalam menyelenggarakan proses pendidikan di Program Studi Budidaya Perikanan

  • Mengembangkan program pendidikan yang mempunyai relevansi dengan potensi daerah untuk memenuhi kebutuhan regional, nasional dan global.
  • Menghasilkan sarjana budidaya perairan yang berkemampuan akademik tinggi dalam rekayasa dan pengelolaan budidaya perikanan yang berbasis sumberdaya lokal dan lingkungan.
  • Berperan serta dengan pelaku-pelaku pembangunan perikanan dan kelautan dalam menyusun kebijakan, rencana dan program pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan.
  • Membangun kemitraan dan kolaborasi (net working) yang tangguh dengan pelaku pembangunan untuk memberdayakan masyarakat dan pelaku pembangunan perikanan dan kelautan.

 

Profil Lulusan Program Studi Budidaya Perairan

Profil lulusan Prodi Budidaya Perairan S1 ditentukan melalui mekanisme penggabungan visi akademik, analisis kebutuhan pasar dan masukan dari asosiasi profesi, pihak stakeholder dan masyarakat, kemudian dilakukan analisis SWOT (Strengths, weakness, oportuities, dan threats), Sehingga lulusan prodi Budidaya perairan S1 diharapkan akan menjadi:

  • Pemimpin pada Instansi Pemerintah Maupun Swasta
  • Pengusaha Perikanan Budidaya
  • Ilmuwan (Tenaga ahli, Tenaga Pendidik, Peneliti)
  • Konsultan Perikanan Budidaya Laut

.

Kompetensi Lulusan Budidaya Perairan

Sesuai dengan tujuan Program Studi Budidaya Perairan yang telah dirumuskan, maka setiap mahasiswa pada Program Studi Budidaya Perairan diwajibkan untuk memeneuhi standar kompetensi untuk dapat menyelesaikan studi (Lulus) pada Program Studi Budidaya Perairan.

 

Rumusan Umum Kompetensi Lulusan

Rumusan umum kompetensi lulusan di Program Studi Budidaya Perairan melingkupi capaian pembelajaran program studi (PLO), sebagai berikut:

  1. Menerapkan keilmuan yang berintegritas, berkualitas, profesional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, madani, transpormatif dan inovatif.
  2. Menerapkan substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  3. Menerapkan kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menerapkan kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  5. Menerapkan kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

 

Rumusan Rinci Capaian Pembelajaran

Rumusan rinci capaian pembelajaran di Program Studi Budidaya Perairan dihasilkan dari penjabaran kompetensi lulusan (PLO) menjadi Capaian Pembelajaran Perkuliahan (CLO), sebagai berikut:

  • Memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan professional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, madani, Transpormatif dan inovatif.
  • Menguasai substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  • Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Memiliki kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  • Memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

Dosen

  1. Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc
  2. Muzahar, S.Pi., M.Si
  3. Rika Wulandari, S.Pi., M.Si
  4. Tengku Said Raza’i, S.Pi., MP
  5. Tri Yulianto, S.Pi., MPSDA
  6. Wiwin Kusima Atmaja Putra, S.Pi., M.Si

dosen-bdp

Sarana Publikasi: Jurnal InTek Akuakultur

OJS InTek Akuakultur

[/tab]
[tab title=”Tab 2″ ]tab content 2[/tab]
[tab title=”Tab 3″ ]tab content 3[/tab]
[/tabs]

Visi Program Studi Budidaya Perairan (2015-2025).

Menjadi program studi terkemuka dalam pengembangan IPTEK Budidaya Laut Di Indonesia Bagian Barat Pada Tahun 2025

 

Misi Program Studi Budidaya Perairan

Sebagai realisasi visi diatas, ditetapkan misi Program Studi Budidaya Perairan:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berpusat pada IPTEK Budidaya dalam rangka menghasilkan sarjana perikanan yang professional, mandiri serta berjiwa Entrepreneur untuk mendukung pembangunan perikanan dan kelautan yang berkelanjutan.
  • Menyelenggarakan penelitian, pengabdian masyarakat dibidang Budidaya berbasis potensi lokal guna mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu.
  • Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan instansi pemerintah, swasta atau lembaga lain yang terkait dalam rangka menunjang dan menyebarluaskan konsep-konsep pemikiran dalam upaya mendukung pengembangan budidaya berkelanjutan.

 

 Tujuan Program Studi Budidaya Perairan

Tujuan yang ingin dicapai dalam menyelenggarakan proses pendidikan di Program Studi Budidaya Perikanan

  • Mengembangkan program pendidikan yang mempunyai relevansi dengan potensi daerah untuk memenuhi kebutuhan regional, nasional dan global.
  • Menghasilkan sarjana budidaya perairan yang berkemampuan akademik tinggi dalam rekayasa dan pengelolaan budidaya perikanan yang berbasis sumberdaya lokal dan lingkungan.
  • Berperan serta dengan pelaku-pelaku pembangunan perikanan dan kelautan dalam menyusun kebijakan, rencana dan program pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan.
  • Membangun kemitraan dan kolaborasi (net working) yang tangguh dengan pelaku pembangunan untuk memberdayakan masyarakat dan pelaku pembangunan perikanan dan kelautan.

 

Profil Lulusan Program Studi Budidaya Perairan

Profil lulusan Prodi Budidaya Perairan S1 ditentukan melalui mekanisme penggabungan visi akademik, analisis kebutuhan pasar dan masukan dari asosiasi profesi, pihak stakeholder dan masyarakat, kemudian dilakukan analisis SWOT (Strengths, weakness, oportuities, dan threats), Sehingga lulusan prodi Budidaya perairan S1 diharapkan akan menjadi:

  • Pemimpin pada Instansi Pemerintah Maupun Swasta
  • Pengusaha Perikanan Budidaya
  • Ilmuwan (Tenaga ahli, Tenaga Pendidik, Peneliti)
  • Konsultan Perikanan Budidaya Laut

.

 Kompetensi Lulusan Budidaya Perairan

Sesuai dengan tujuan Program Studi Budidaya Perairan yang telah dirumuskan, maka setiap mahasiswa pada Program Studi Budidaya Perairan diwajibkan untuk memeneuhi standar kompetensi untuk dapat menyelesaikan studi (Lulus) pada Program Studi Budidaya Perairan.

 

 Rumusan Umum Kompetensi Lulusan

Rumusan umum kompetensi lulusan di Program Studi Budidaya Perairan melingkupi capaian pembelajaran program studi (PLO), sebagai berikut:

  1. Menerapkan keilmuan yang berintegritas, berkualitas, profesional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, madani, transpormatif dan inovatif.
  2. Menerapkan substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  3. Menerapkan kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menerapkan kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  5. Menerapkan kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

 

Rumusan Rinci Capaian Pembelajaran

Rumusan rinci capaian pembelajaran di Program Studi Budidaya Perairan dihasilkan dari penjabaran kompetensi lulusan (PLO) menjadi Capaian Pembelajaran Perkuliahan (CLO), sebagai berikut:

  • Memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan professional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, madani, Transpormatif dan inovatif.
  • Menguasai substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  • Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Memiliki kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  • Memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

Dosen

  1. Henky Irawan, S.Pi., MP., M.Sc
  2. Muzahar, S.Pi., M.Si
  3. Rika Wulandari, S.Pi., M.Si
  4. Tengku Said Raza’i, S.Pi., MP
  5. Tri Yulianto, S.Pi., MPSDA
  6. Wiwin Kusima Atmaja Putra, S.Pi., M.Si

dosen-bdp

Sarana Publikasi: Jurnal InTek Akuakultur

OJS InTek Akuakultur

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]