Budi Daya Perairan

Visi Program Studi Budidaya Perairan (2015-2030).

Menjadi program studi terkemuka dalam pengembangan IPTEK Budidaya Laut Di Indonesia Bagian Barat Pada Tahun 2030

 

Misi Program Studi Budidaya Perairan

Sebagai realisasi visi diatas, ditetapkan misi Program Studi Budidaya Perairan:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berpusat pada IPTEK Budidaya dalam rangka menghasilkan sarjana perikanan yang professional, mandiri serta berjiwa Entrepreneur untuk mendukung pembangunan perikanan dan kelautan yang berkelanjutan.
  • Menyelenggarakan penelitian, pengabdian masyarakat dibidang Budidaya berbasis potensi lokal guna mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu.
  • Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan instansi pemerintah, swasta atau lembaga lain yang terkait dalam rangka menunjang dan menyebarluaskan konsep-konsep pemikiran dalam upaya mendukung pengembangan budidaya berkelanjutan.

 

 Tujuan Program Studi Budidaya Perairan

Tujuan yang ingin dicapai dalam menyelenggarakan proses pendidikan di Program Studi Budidaya Perikanan

  • Mengembangkan program pendidikan yang mempunyai relevansi dengan potensi daerah untuk memenuhi kebutuhan regional, nasional dan global.
  • Menghasilkan sarjana budidaya perairan yang berkemampuan akademik tinggi dalam rekayasa dan pengelolaan budidaya perikanan yang berbasis sumberdaya lokal dan lingkungan.
  • Berperan serta dengan pelaku-pelaku pembangunan perikanan dan kelautan dalam menyusun kebijakan, rencana dan program pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan.
  • Membangun kemitraan dan kolaborasi (net working) yang tangguh dengan pelaku pembangunan untuk memberdayakan masyarakat dan pelaku pembangunan perikanan dan kelautan.

 

Profil Lulusan Program Studi Budidaya Perairan

Profil lulusan Prodi Budidaya Perairan S1 ditentukan melalui mekanisme penggabungan visi akademik, analisis kebutuhan pasar dan masukan dari asosiasi profesi, pihak stakeholder dan masyarakat, kemudian dilakukan analisis SWOT (Strengths, weakness, oportuities, dan threats), Sehingga lulusan prodi Budidaya perairan S1 diharapkan akan menjadi:

  • Pemimpin pada Instansi Pemerintah Maupun Swasta
  • Pengusaha Perikanan Budidaya
  • Ilmuwan (Tenaga ahli, Tenaga Pendidik, Peneliti)
  • Konsultan Perikanan Budidaya Laut

.

 Kompetensi Lulusan Budidaya Perairan

Sesuai dengan tujuan Program Studi Budidaya Perairan yang telah dirumuskan, maka setiap mahasiswa pada Program Studi Budidaya Perairan diwajibkan untuk memeneuhi standar kompetensi untuk dapat menyelesaikan studi (Lulus) pada Program Studi Budidaya Perairan.

 

 Rumusan Umum Kompetensi Lulusan

Rumusan umum kompetensi lulusan di Program Studi Budidaya Perairan melingkupi capaian pembelajaran program studi (PLO), sebagai berikut:

  1. Menerapkan keilmuan yang berintegritas, berkualitas, profesional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, madani, transpormatif dan inovatif.
  2. Menerapkan substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  3. Menerapkan kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menerapkan kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  5. Menerapkan kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

 

Rumusan Rinci Capaian Pembelajaran

Rumusan rinci capaian pembelajaran di Program Studi Budidaya Perairan dihasilkan dari penjabaran kompetensi lulusan (PLO) menjadi Capaian Pembelajaran Perkuliahan (CLO), sebagai berikut:

  • Memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan professional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, madani, Transpormatif dan inovatif.
  • Menguasai substansi ilmu dan kajian Budidaya perairan laut secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  • Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi Budidaya perikanan laut secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Memiliki kemampuan sebagai tenaga ahli dan tenaga Konsultan Profesional Budidaya perikanan laut untuk dunia kerja.
  • Memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan budidaya perikanan laut dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

Dosen

dosen-bdp

2016, Assisted by ICT Centre UMRAH Web Development Team