Ilmu Kelautan

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul di bidang ilmu dan teknologi kelautan di Indonesia dan Asia Tenggara pada tahun 2030.

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran dengan mutu yang terbaik dan pengembangan kurikulum berkualitas tingkat sarjana dibidang kelautan dengan standar ISO 9001;2008 IWA 2.
  2. Mengembangkan kemampuan kreativitas dan inovasi dosen dan tenaga pendukung melalui penelitian dan penerapan IPTEK Keluatan yang unggul dan tepat guna.
  3. Mengembangkan laboratorium kelautan bersandar internasional.
  4. Mengembangkan perjalinan kerjasama terutama dibidang kelautan-kemaritiman dengan dunia akademik, pemerintah, swasta, dan masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.
  5. Menerapkan sistem akademik, administrasi dan keuangan yang berbasis Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT).
  6. Menyediakan sarana dan prasarana serta menyelenggarakan penjaminan mutu proses akademik guna melayani secara optimal para anggota civitas akademik maupun pemangku kepentingan terkait lainnya.
  7. Meningkatkan daya saing para lulusan sarjana di lingkup regional-nasional guna memenuhi kebutuhan pasar kerja dan kepuasan pemanfaat dibidang kelautan

Berikut profil lulusan Program Studi Ilmu Kelautan sebagai berikut :

(1)   Peneliti dan surveyor organisme, lingkungan dan dinamika laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil.

(2)   Analis dan penyedia informasi kelautan melalui pemetaan dan model kelautan.

(3)   Pendidik dan penyuluh kelautan.

(4)   Penyelamat (konservasi) laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil.

a.)   Kompetensi Utama

Lulusan Program Studi Ilmu Kelautan memiliki kemampuan memahami dan menjelaskan kaidah-kaidah Ilmu dan Teknologi Kelautan yang mencakup proses-proses fisika, biologi, kimia kelautan dan terampil dalam kegiatan proses penerapan maupun penyediaan informasi antara lain : inventarisasi dan monitoring, konservasi, oseanografi, instrumen-akustik kelautan, penginderaan jauh, pemetaan dan pemodelan sumberdaya dan lingkungan pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil serta bioteknologi  kelautan.

b.)   Kompetensi Pendukung

  1. Mampu secara pasif dan aktif dalam menggunakan bahasa Bahasa Inggris terutama dalam hal penelusuran literatur ilmiah, dan penulisan karya ilmiah dibidang ilmu dan teknologi kelautan.
  2. Sertifikasi kemampuan berbahasa inggris setara TOEFL.
  3. Mampu dan menguasai berbagai metode penelitian dan analisis dibidang kelautan baik kuantitatif maupun kualitatif.
  4. Terampil dan menguasai perangkat lunak pendukung baik untuk analisis kuantitatif-spasial-temporal, dan pemodelan dibidang ilmu dan teknologi kelautan.
  5. Terampil dan menguasai penggunaan instrumentasi baik analog maupun digital dalam bidang biologi, fisika, dan kimia yang terkait dengan berbagai bidang ilmu dan teknologi kelautan.
  6. Terampil dan menguasai bentuk-bentuk survey, observasi, dan tindakan praktis di lapangan secara konsisten/ taat azas, dan bertahan (durable) dalam hal mengidentifikasi, memonitoring, dan mengevaluasi dalam lingkup pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil.
  7. Mampu dan menguasai dasar-dasar ketrampilan dan keamanan diri dalam melakukan kegiatan renang dan selam dasar di laut terbuka.
  8. Mampu beradaptasi dan tertanam rasa keingin-tahuan yang tinggi saat mendalami dan mempelajari ilmu dan teknologi bidang kelautan tingkat lanjutan (advance).

c.)   Kompetensi Lainnya

  1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal melakukan tugas kuliah, mencari dan menerbitkan literatur ilmiah, menyelesaikan prosedur administrasi secara online.
  2. Sertifikasi kemampuan menyelam di laut terbuka.
  3. Sertifikasi mengoperasikan instrumen Atomic Absorbant Spectrometry.
  4. Sertifikasi penggunaan alat analitik kimia baik digital maupun analog.
  5. Sertifikasi untuk analisis proses citra dan sistem informasi geografis baik dasar maupun lanjutan.
No Nama
1 Arief Pratomo, ST, M.Si
2 Dony Apdillah, S.Pi, M.Si
3 Chandra Joei Koenawan, S.Pi, M.Si
4 Falmi Yandri, S.Pi, M.Si
5 Risandi Dwirama Putra, ST, M.Eng
6 Yales Veva Jaya, S.Pi, M.Si
7 Ita Karlina, S.Pi, M.Si
8 Fadhliyah Idris, S.Pi, M.Si