• Post author:
  • Post category:Berita
You are currently viewing Seminar Series V, Marine Biodiversity

DOMPAK – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan FIKP Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP UMRAH) kembali melaksanakan Seri kegiatan seminar yang diberi branding Seminar Series 2018. Tema yang dipilih pada Seri kelima ini adalah Marine Biodiversity. Kegiatan seminar series ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor II Agus Sutikno, SP, M.Si.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II menyambut baik kegiatan rutin ini dan mengharapkan peran aktif Mahasiswa dalam mengikuti seminar series yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini.

“Kami selaku pimpinan Universitas sangat senang dengan diadakannya seminar series ini. Apalagi kita ini universitas berbasis maritim, maka sangat perlu dilaksanakan secara rutin forum-forum diskusi yang membahas tentang kemaritiman”. Ungkap Agus Sutikno dalam sambutannya.

“Kepada Pembicara saya ucapkan terima kasih banyak sudah hadir untuk mentransformasikan ilmunya kepada kami semua disini. Kepada Mahasiswa kami harapkan dapat mengikuti seminar ini dengan sungguh-sungguh dan berhubung pembicara seminar ini dari luar negeri perlu juga saya sampaikan kepada mahasiswa sekalian, belajar dan kuasailah bahasa dunia yaitu bahasa inggris. Betapa pentingnya bahasa inggris, tidak ada kata terlambat untuk kita belajar. Berhubung Kepulauan Riau ini adalah wilayah perbatasan yang berbatasan langsung dengan Negara-negara tetangga dan kedepan tidak menutup kemungkinan kita akan lebih banyak berinteraksi dengan mereka”. Tambah Agus Sutikno sebelum mengakhiri sambutannya.

Seminar Series yang telah dilaksanakan pada senin (14/5) pukul 13.30 s.d 15.30 waktu setempat diikuti oleh Mahasiswa, Dosen FIKP, Dosen FISIP, Dosen FE, Dosen HI, beberapa staf dari Dinas Kelautan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun, dengan total peserta sebanyak 77 orang. Ruang serba guna Lt. 3 terisi penuh selaras dengan antusias peserta mengikuti seminar series dan diskusinya.

Puncak kegiatan seminar series ini berlangsung sekitar 2 jam. Hadir sebagai pembicara Prof. Chou Loke Ming dan Prof. Wong Sek Man dari National University of Singapore. Prof. Chou menyampaikan materi tentang keanekaragaman hayati laut di perkotaan Singapura yang merupakan negara dengan wilayah terbatas namun perkembangan kota sangat cepat.

Sehingga melakukan reklamasi pantai dengan teknik sipil pantai yang tepat untuk meminimalisir dampak negatifnya. Sedangkan Prof. Wong menyampaikan materi tentang berbagai sumberdaya perikanan yang telah berhasil diteliti telah mampu diaplikasikan dalam budidaya perikanan seperti kuda laut, kepiting soka, ikan dan lain-lain.

“Diagendakan materi dari Seminar Series ini akan terbit pada edisi pertama buku yang berisi rangkaian kegiatan seminar series yang akan dibukukan (ISBN) sebagai karya ilmiah persembahan FIKP UMRAH untuk masyarakat KEPRI. Disamping itu Kegiatan Seminar Series ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dosen dan mahasiswa serta dapat menginspirasi dosen maupun mahasiswa UMRAH agar mampu menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas baik nasional maupun internasional”. Jawab Dekan FIKP UMRAH, Dr. Agung Dhamar Syakti.

“Alhamdulilah kegiatan Seminar Series ini berjalan dengan lancar, mudah-mudahan segera terus berlanjut”. Ungkap Dr. Agung Dhamar Syakti dengan nada optimis.

Hadir juga pada Seminar Series ini Sekretaris Senat FIKP Fitria Ulfa, SP., M.Si, dan yang bertugas sebagai moderator  seminar series kali adalah Yales Veva Jaya, S.Pi., M.Si. Ketua PPSPL.(Dr. Ani Suryanti/Humas UMRAH)

Editor: Adi Pranadipa