FIKP Gelar Pelatihan “The Advantage Real Time PCR”

0
164

Senggarang – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) berkolaborasi dengan PT. GeneCraft Labs, Jakarta mengadakan Lab. Training Course “The Advantage Real Time PCR” di Lab. Marine Biotechnology, FIKP UMRAH.

Lab Training Course yang dilaksanakan selama 3 hari (7 – 9 Agustus 2019) diikuti oleh dosen, laboran, dan mahasiswa dari FIKP dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMRAH. Trainer dari PT. GeneCraft Labs adalah drh. Ismail Fanany dan Rudi Nirwantono, S.Si.

Hari pertama kegiatan ini dibuka oleh Tengku Said Raza’i, S.Pi M.P Wakil Dekan II FIKP UMRAH. Selanjutnya pemaparan kondisi Laboratorium oleh Wahyu Muzammil, S.Pi M.Si selaku Kepala Lab. Marine Biotechnology dan dilanjutkan pemaparan terkait PCR konvensional dan Real-Time PCR oleh drh. Ismail Fanany.

Kegiatan selanjutnya yaitu pengecekan dan pengenalan alat PCR yang ada di Laboratorium.

Hari kedua kegiatan ini adalah teknik pipetting, ekstraksi DNA dan proses amplifikasinya menggunakan mesin Real-Time PCR (Rotor gene) yang dipandu oleh drh. Ismail Fanany dan Rudi Nirwantono, S.Si. Semua peserta dengan seksama mengikuti semua prosedur ekstraksi DNA dan amplifikasi DNA. Aplikasi real-time PCR banyak dilakukan seperti untuk penelitian gene expression, pathogen detection, genotyping, epigenetics, veterinary diagnostics, miRNA, dan lain sebagainya.

Hari ketiga kegiatan ini adalah proses amplifikasi menggunakan PCR konvensional (Sensoquest) dan hasil PCR divisualisasi menggunakan alat Lonza. Proses PCR konvensional ini memakan waktu lebih lama dibandingkan real-time PCR. Selanjutnya diskusi dan tanya jawab terkait PCR konvensional dan real-time PCR, serta kelebihan memakai alat ini untuk berbagai macam penelitian saintifik.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada seluruh peserta dan pemberian plakat dari FIKP UMRAH yang diwakili oleh Bapak Tengku Said Raza’i, S.Pi M.P kepada trainer dari PT. GeneCraft Labs yang diwakili oleh Bapak drh. Ismail Fanany. Tidak lupa foto bersama dengan pose salam maritim khas UMRAH.

Kesan terhadap pelatihan ini pun disampaikan oleh para peserta. Menurut dosen FIKP , Aminatul Zahra, Lab Training Course PCR menambah pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang molekuler yangg nantinya bisa diaplikasikan dalam bidang akuakultur.

“Pelatihan ini juga memotivasi saya untuk melakukan penelitian dalam bidang molekuler di akuakultur” Ujarnya.

Sedangkan bagi Laboran FIKP, Aris Suhud mengungkapkan pelatihan ini sangat bagus. “Apa lagi buat kami para laboran sangat penting mengetahui cara penggoperasian alat PCR. Akan sangat bagus diadakan pelatihan lagi khusus cara maintenance dan kalibrasi alat PCR” ungkap Aris.

Devia, mahasiswi FIKP yang ikut serta dalam pelatihan ini mengungkapkan kegembiraannya mengikuti pelatihan ini. Pelatihan yang hebat dan banyak pengetahuan di dalamnya serta dipandu oleh Instruktur yang hebat.

“Metode Real Time PCR pada pelatihan ini sangat bermanfaat untuk saya yang menekuni bidang mikrobiologi dalam mengidentifikasi bakteri.” Ujar Devia.

Bagi Dosen FKIP, Nur Eka Kusuma Hindrasti, Pelatihan ini benar-benar dinikmati.

“Lab training PCR ini dikemas dengan aktivitas yg santai tapi serius. Saya enjoy mengikutinya. Narasumbernya sangat kompeten baik teori maupun praktik dan sabar dengan partisipan (ada) yg pemula. Sukses untuk Kegiatan ini” Ujarnya.

Laporan oleh : Wahyu Muzammil, Foto : Imad

Editor : Adi Pranadipa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here