Prodi THP FIKP-UMRAH Sukses Menyelenggarakan Webinar Series dengan Tema “Herd Immunity : New Normal di tengah Pandemi covid-19”

0
118

Tanjungpinang (18/6), Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji berhasil dengan sukses menyelenggarakan webinar dengan tema “Herd Immunity: New Normal di tengah Pandemi Covid-19”. Kesuksesan ini banyak meraih pujian dari kurang lebih 200 peserta yang berasal dari beberapa kalangan mahasiswa, praktisi, umum dan  dosen di beberapa universitas ternama di Indonesia seperti IPB, UNAND, UNRI, UNSRI, Halu Oleo, UNSYIAH, Politani Payakumbuh, Univ Teuku Umar, Politeknik negeri Tual, STPP Medan, dan lain sebagainya yang ikut sebagai peserta dalam webinar yang diselenggarakan Kamis (18/6/2020). Tinnginya apresiasi peserta dalam mengikuti webinar ini tidak terlepas dari tema yang diangkat panitia yang sangat erat terjadi pada saat ini.

Webinar yang digagas oleh Program Studi Teknologi Hasil Perikanan yang diketuai oleh Yulia S.Pi,. M.Si mendaulat Aidil Fadli Ilhamdy, S.Pi., M.Si sebagai ketua pelaksana dan Dr. Sri Novalina A, MP sebagai anggota. Webinar diawali dengan sambutan oleh plt. Dekan FIKP Bapak Azwin Apriandi, S.Pi., M.Si yang sekaligus membuka webinar ini  menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan semua tim yang terlibat dalam keberhasilan webinar ini. Beliau mengharapkan webinar ini membuka mata kita terhadap pandemic virus covid-19 tanpa rasa takut dan juga tanpa mengabaikan protokoler yang ada. Ucapan terimakasih tak lupa beliau sampaikan kepada ketiga narasumber yang sangat luar biasa, pakar dibidangnya masing-masing, dan bersedia meluangkan waktunya untuk webinar ini. selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk upaya sumbangsih FIKP UMRAH dalam mengatasi pandemic yang terjadi saat ini.

Acara yang berlangsung sore hari ini tidak menyurutkan keinginan peserta untuk mengikutinya. Rangkaian pemaparan materi yang menarik dari ketiga narasumber yang memiliki kepakaran di bidangnya  masing-masing membuat rasa ingin tahu peserta semakin meningkat. Webinar yang dipandu oleh Dr. Sri Novalina A, MP berjalan penuh makna. Diawali dari pemaparan oleh dr. Teresa Zakaria, MIPH secara virtual langsung dari Jenewa Swiss yang mengungkapkan bagaiamana karakteristik dari virus covid-19 dan apa saja yang harus dihindari agar terhindar dari virus ini. dr Teresa Zakaria, MIPH merupakan praktisi ksesehatan yang memulai karirnya di World Health Organization (WHO) dari tahun 2010 dan  sekarang tercatat sebagai health emergency officer WHOJenewa, lulusan FKUI tahun 1997 dan merupakan Master of International Public Health dari University of Sidney tahun 2009 yang memang fokus terhadap penanggulang wabah/pandemic. Penyampaian materi oleh beliau sangat mendapat apresiasi yang tinggi dari peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan lewat pesan online oleh peserta saat webinar berlangsung.

Materi ke dua yang berkaitan dengan pangan dan imunologi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Fransiska Rungkat Zakaria, M.Sc yang merupakan guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang pakar dalam bidang imunologi Pangan. Prof. Fransiska menyampaikan bahwa tubuh kita memiliki sistim imun yang baik dalam menagkal virus ataupun senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh jika tubuh kita dalam kondisi yang baik, kondisi yang baik akan diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan yang baik, yaitu makanan yang sehat dan seimbang. Dalam webinar ini beliau mengajak seluruh peserta webinar untuk mengikuti anjuran WHO agar mengonsumsi “Whole Food” baik yang berasal dari nabati dan hasil perikanan. Makanan itu seperti Kedelai, rimpang-rimpangan, rumput laut dan lain sebagainya yang mengandung komponen bioaktif yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Paparan materi yang belaiau sampaikan begitu lengkap, dan dirangkai dengan bahasa yang “easy listening” sehingga sangat mudah untuk dipahami.

Selanjutnya Andes Wardy, S.Psi, MM, Psikolog yang merupakan psikolog klinis yang sudah lebih dari 20 tahun berprofesi sebagai psikolog pada bidang psikologi Industri di bidang management SDM, Pengembangan SDM, Training dan motivasi, pengurus pusat Himpunan Psikologi Indonesia (PP HIMPSI) tahun 2006-2014 di Kompartemen Pengabdian Masyarakat, dosen di Trisakti School of Management, yang juga pernah menjadi relawan WHO dalam penanggulangan Psikologis Pasca Tsunami Aceh, dan saat ini adalah Managing Director Konsultan Human Capital Management, PT. Bina Bangkit Kreasi (Andes and Associates). Latar belakang Bapak Andes Wardy sebagai psikolog membuat webinar semakin seru dengan metode pemaparan yang tidak menoton, sehingga diakhir sesi penyampaian materi, peserta webinar diajak untuk mengisi sejumlah polling mengenai apa yang dirasakan peserta dengan adanya pandemic covid-19 ini, peserta begitu antusias dalam mengkuti polling dimana hasil dari polling rata-rata masyarakat memang takut akan tertular dengan virus covid-19 dan juga takut kehilangan mata pencaharian, dalam hal ini Psikolog Andes Wardy menyampaikan bahwa ketakutan itu harus segera kita minimalisir karena ketakutan-ketakutan seperti itu akan memperburuk keadaan tubuh, Psikolog Andes Wardy mengkaitkan hal ini dengan materi dari nara sumber sebelumnya sehingga tercapai keterhubungan yang sangat baik dari materi  ketiga narasumber ini.

Diakhir webinar moderator menyimpulkan bahwa pandemic covid-19 harus diwaspadai dengan selalu mengikuti protokoler covid-19 dengan tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah, tetap menjaga jarak, mengonsumsi asupan makanan yang bergizi, serta menghindari stress, karena semua itu akan dapat meningkatkan sistim imun tubuh kita sehingga tubuh dapat mempertahan diri dari paparan covid-19 dan selanjutnya kita dapat menghindari herd immunity. Diakhir kata moderator mengucapkan terimakasih kepada seluruh narasumber dan peserta webinar dan berharap agar semua materi yang disajikan benar-benar bermanfaat dalam menjalankan kehidupan new normal di tengan pandemic covid-19 ini. (thp).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here