FIKP-UMRAH Gelar Kuliah Umum dengan Tema “Peluang Sumberdaya Maritim dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam”

0
514

Dompak (8/3), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Uuniversitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) menggelar kegiatan kuliah umum dengan tema “Peluang Sumberdaya Maritim dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam” pada Senin (8/03/2021) di Auditorium Kampus Dompak.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. Bertindak sebagai moderator yaitu Dekan FIKP UMRAH, Dr. T. Ersti Yulika Sari, S.Pi., M.Si. Narasumber pada kuliah umum kali ini yaitu  Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA yang merupakan Deputi Bidang Koordinasi Sumberdaya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.

Kuliah umum ini juga dilakukan dalam rangka menandai dimulainya kegiatan akademik pada semester genap Tahun Akademik 2020-2021. Kegiatan ini dilakukan dengan metode hybrid yakni perpaduan luring dan daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Peserta kuliah umum secara luring berasal dari berbagai instansi seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Perwakilan Provinsi, Balai-Balai Perikanan, Serta berbagai stakeholder yang ada di Tanjungpinang. Acara ini juga diikuti oleh mahasiswa FIKP dan mahasiswa lintas jurusan yang ada di UMRAH. Terdapat sebanyak 150 peserta yang hadir pada aplikasi zoom meeting yang umumnya berasal dari berbagai instansi dan universitas yang ada di tanah air.

Materi yang disampaikan oleh Narasumber terkait dengan potensi sumberdaya maritim, Hilirisasi Sumberdaya Alam, Potensi Sumberdaya Ikan Nasional, dan Pengembangan Ekonomi yang berbasis pada pengembangan sumberdaya kelautan dan perikanan. Pemaparan materi disertakan dengan contoh pemanfaatan sumberdaya dan potensi sumberdaya yang ada di Indonesia khususnya di KEPRI. Acara kuliah umum ini diikuti dengan baik oleh para peserta. Para peserta memberikan respon terkait dengan isi materi yang disampaikan. Peserta kuliah umum memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait isu-isu yang dibahas pada pemaparan ini dan dihubungkan dengan isu-isu lingkungan yang terjadi pada saat ini di KEPRI . Pada akhir acara para penanya mendapatkan hadiah dari narasumber berupa buku (ipp).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here