FIKP UMRAH bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Melaksanakan Kegiatan Pemantauan Sampah Laut

607
29075

Bintan, Kamis 26 Agustus 2021. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan kegiatan pemantauan sampah laut periode kedua tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Sakera dan Pantai Trikora Kabupaten Bintan.

Kegiatan ini merupakan lanjutan untuk kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama oleh dosen, mahasiswa dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan.

Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang cukup penting dalam memahami dampak plastik terhadap kehidupan untuk saat ini dan kedepannya. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan menentukan lokasi sampling, penentuan titik, pemasangan transek, dan pengambilan sampah plastik. Sampah plastik yang diambil tidak hanya yang kasat mata, namun partikel-partikel plastik yang telah hancur dan serpihan padatan minyak mentah atau oli yang berada di kawasan tersebut.

Dalam kegiatan ini sebanyak dua dosen, enam mahasiswa, dan tiga laboran turun bersama-sama untuk mengidentifikasi jenis-jenis sampah plastik dan mikroplastik. Dalam kegiatan ini Aidil Fadli Ilhamdy, S.Pi., M.Si. selaku wakil koordinator kegiatan memberikan arahan lokasi kegiatan dan titik sampling yang akan di ambil. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala untuk mengetahui perkembangan sebaran sampah plastik dan jumlah mikroplastik yang terdapat di pantai.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sieve sorting meshanalysis untuk mengklasifikasi sampah plastik berdasarkan ukuran yang tertahan dalam mesh. Metode ini dapat memberikan informasi mengenai ukuran partikel plastik yang berada pada sedimen pantai dan jenisnya dapat langsung diketahui.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here