FIKP UMRAH Selenggarakan Pelatihan Penilai Kondisi Padang Lamun dan Komunitas Mangrove

0
109

Senggarang, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), menyelenggarakan pelatihan penilai kondisi padang lamun dan komunitas mangrove. Kegiatan tersebut berlangsungdari tanggal 27 September – 1 Oktober 2021. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari Program Coremap-CTI yang disponsori oleh World Bank.

Dalam sambutanya Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Aditya Hikmat Nugraha M.Si menyambut baik kegiatan ini, kegiatan ini sangat relevan dengan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan berharap kegiatan pelatihan ini dapat berlangsung terus di waktu yang akan datang. Selain itu Direktur Pusat Pengembangan Kompetensi BRIN Dr. Sudi Ariyanto, M.Eng mengucap syukur dan berterima kasih kepada pihak FIKP UMRAH yang telah mau bekerja sama menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka mencetak sumberdaya yang dapat memajukan dunia kelautan Indonesia.

Terdapat 26 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, sebanyak 14 peserta mengikuti kegiatan pelatihan untuk penilai kondisi padang lamun dan 12 peserta mengikuti kegiatan pelatihan untuk penilai kondisi komunitas mangrove. Peserta terdiri dari Mahasiswa, Dosen dan Staff FIKP UMRAH, Mahasiswa Program Studi Lingkungan IPB University serta dari Yayasan Ekologi Kepulauan Riau. Sementara pelatih yang terlibat dalam pelatihan ini berasal dari tiga universitas yaitu, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung dan Universitas Hassanuddin.

Selanjutnya setelah menjalankan kegiatan pelatihan ini, para peserta akan melaksanakan uji kompetensi sesuai bidang pelatihan yang diikuti pada Lembaga Sertifikasi Profesi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, untuk memperoleh sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).