You are currently viewing FIKP UMRAH Selenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Resun, Kabupaten Lingga.

Sebagai tindak lanjut Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH bersama Pemerintah Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara Kabupaten Lingga pada hari Selasa tanggal 29 Agustus 2023 hingga Rabu tanggal 30 Agustus 2023 telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Resun. Pembukaan acara Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Balai Desa Resun yang dihadiri langsung oleh Dekan FIKP UMRAH, Wakil Dekan I FIKP UMRAH, Ketua Jurusan, Perwakilan Dosen, Camat Lingga Utara, Kepala Desa Resun, serta sejumlah undangan dan masyarakat. Dalam sambutannya Kepala Desa Resun menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai implementasi perjanjian kerjasama antara Pemerintah Desa Resun dan FIKP UMRAH yang sudah ditandatangani pada tahun lalu. Kegiatan yang diselenggarakan pada tahun 2023 sebagai bagian langkah dalam mengembangkan potensi sumberdaya yang ada di Desa Resun. Selain itu Dekan FIKP UMRAH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Desa Resun kepada FIKP UMRAH untuk dapat berpartisipasi dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa Resun dalam rangka membangun Desa Resun yang lebih baik lagi kedepannya.

Dalam kegiatan pengabdian yang dilakukan selama dua hari tersebut terdapat beberapa aktivitas kegiatan pemberian materi dan pelatihan yang diberikan kepada Masyarakat Desa Resun diantaranya yaitu :  Sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan, Biodiversitas ekosistem mangrove di Desa Resun, Pelatihan pengolahan produk pangan berbasis buah mangrove (sirup, dodol dan mie), Pelatihan pembesaran kepiting bakau, Pelatihan pemanfaatan limbah budidaya lele sebagai pupuk cair organik serta Penguatan kelompok sadar wisata. Masyarakat Desa Resun sangat antusias terhadap materi yang diberikan oleh Dosen FIKP UMRAH.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diselaraskan juga dengan kegiatan Membangun Desa yang diikuti oleh Mahasiswa FIKP UMRAH yang berjumlah  29 mahasiswa. Kegiatan ini merupakan bagian dari aktivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang akan dikonversikan setara 20 SKS, tutur Wakil Dekan I FIKP UMRAH Aditya Hikmat Nugraha. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Mahasiswa sudah berada di Desa Resun dari Bulan Juli dan akan selesai mengikuti kegiatan ini di minggu ke tiga September. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa menjadi lebih tau terkait kondisi di lapangan yang sesungguhnya sekaligus problematika dan solusi pemecahan masalah.  Selain itu juga, kegiatan ini dapat berperan dalam  menyiapkan mental mahasiswa ketika nanti memasuki dunia kerja, pasca selesainya menempuh pendidikan di kampus.

Selain itu  ditengah-tengah acara pelatihan juga dilakukan pertemuan antara Dekan, Wakil Dekan FIKP beserta Kepala  Desa Resun untuk membahas program yang dirancang untuk di selenggarakan pada tahun 2024. Selain itu hadir juga Kepala Desa Resun Pesisir yang berminat menjajaki kerjasama dengan FIKP UMRAH, Kepala Desa Resun Pesisir menyampaikan bahwa Desanya sangat membutuhkan sentuhan dari akademisi untuk pengembangan Desa ke depan. Semoga dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, masyarakat dapat merasakan kehadiran kampus dan sekaligus hal ini menjadi media branding bagi FIKP UMRAH.