You are currently viewing Summer Course Kembara Nusantara 1.0 Sukses Digelar

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP UMRAH) bekerja sama dengan Fakulti Perikanan dan Sains Makanan University Malaysia Terengganu (FPSM UMT) menggelar acara Kembara Nusantara 1.0 yang berlangsung pada tanggal 27 September – 1 Oktober 2023 di Pulau Bintan. Kegiatan sejenis summer course tersebut merupakan bentuk implementasi dari penandatanganan nota kerjasama (LoI) antara FIKP UMRAH dan FPSM UMT. Acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I UMRAH Dr. Tengku Said Raza’i

Sebanyak 30 mahasiswa dari FPSM UMT hadir berbaur dengan 20 mahsiswa yang berasal dari FIKP UMRAH. Pada hari pertama diselenggarakan kegiatan kuliah umum yang dipaparkan oleh dosen dari FIKP UMRAH dan FPSM UMT yang menjelaskan terkait aspek perikanan dan kelautan di Pulau Bintan Indonesia serta di Malaysia. Pada hari kedua hingga hari ke 4 kegiatan yang dilakukan merupakan fieldtrip yang diikuti oleh semua peserta. Kegiatan fieldtrip tersebut mencakup kunjungan ke Balai Budidaya Ikan Provinsi Kepulauan Riau di Desa Pengujan, kunjungan ke sentra industri kerupuk pada hari kedua.

Pada hari ketiga kegiatan fieldtrip dilaksanakan di desa binaan FIKP UMRAH yaitu Desa Pengudang, aktivitas yang dilakukan meliputi menyusuri kondisi ekosistem mangrove, penanaman mangrove dan mengenal kondisi ekosistem lamun berikut biota asosiasinya.

Mahasiswa FPSM UMT sangat antusias sekali ketika melakukan aktivitas di Desa Pengudang karena mayoritas dari mereka baru pertama kali melakukan aktivitas penanaman mangrove serta mengenali ekosistem lamun.

Pada hari keempat dilanjutkan kunjungan ke Pulau Penyengat dalam rangka melakukan studi terkait asal usul dan budaya melayu. Hal ini sangat penting karena Indonesia dan Malaysia merupakan serumpun. Pada malam harinya digelar gala diner dan pentas seni budaya antara kedua negara, delegasi dari setiap universitas menampilkan bakat seninya masing-masing melaui tarian dan nyanyian.  Kegiatan tersebut sekaligus menutup rangkaian acara Kembara Nusantara 1.0. Acara ditutup dengan bersalam-salaman antara seluruh peserta dan Dosen dari setiap Universitas. Semua merasa terkesan dengan kegiatan ini, yang telah berjalan dengan baik dan sukses.

Insya Allah Kembara Nusantara 2.0 akan digelar di tahun 2024, dimana FPSM UMT akan menjadi tuan rumah dan mahasiswa FIKP UMRAH akan giliran berkunjung kesana.