Kesuksesan Kembali Diraih Pada Webinar Series PS SEP FIKP UMRAH

0
115

Senggarang, Fakultas ILmu Kelautan dan Perikanan atas inisiasi Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan sukses melaksanakan Webinar Series dengan tema “Transformasi Pariwisata Indonesia Pasca Covid-19” pada selasa, 23 Juni 2020 melalui zoom. Kegiatan webinar ini melibatkan banyak unsur mulai dari praktisi, birokrasi maupun akademisi yang berdiskusi dan mencari solusi bersama bagaimana sektor pariwisata di Indonesia dalam menghadapi pandemi covid-19.

Kita mengetahui bersama bahwa sektor pariwisata paling terdampak terutama disejumlah daerah tujuan wisata yang selama ini menjadi favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara sehingga hal ini juga secara langsung berdampak pada penurunan devisa negara. Kegiatan ini disambut positif oleh plt dekan pak Azwin Apriandi, S.Pi., M.Si, beliau memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara Webinar Series dan berharap acara ini lancar serta memberikan manfaat untuk semua terutama pihak-pihak yang terlibat dalam sektor pariwisata.  

Bertindak sebagai moderator adalah Fitria Ulfah, SP.,MM merupakan Ketua Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan FIKP UMRAH dan Khairunissa, S.Pi., M.Si sebagai host yang juga merupakan dosen pada Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan. Para peserta antusias dalam mengikuti webinar ini sehingga banyak pertanyaan-pertanyaan dan diskusi dalam sesi acara baik secara langsung maupun melalui chat room pada zoom. Para peserta yang mengikuti webinar ini kurang lebih 128 orang berasal dari berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta bisa dikatakan dari sabang sampai merauke ikut berparisipasi dalam acara ini. Sebanyak 72 instansi yang ikut ada yang dari wilayah provinsi kepri maupun dari luar seperti BPPP provinsi kepri, BPPP medan, BBRBLPP Gondol, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, KKP, Kemensos RI, PT. Rekayasa Agromarin Indonesia, LIPI dan beberapa perguruan tinggi serta politeknik juga ikut bergabung antara lain Politeknik Keuangan Negara STAN, Binus University, Universitas Indonesia, Airlangga, Brawijaya, Andalas, Halu Oleo, Mataram, Papua, Mulawarman, UGM dan lain-lain.

Program Studi Sosial Ekonomi dalam hal ini sebagai koordinator pelaksanaan webinar mengundang beberapa narasumber seperti (1) Henry Ali Singer yang merupakan praktisi pariwisata berkelanjutan sekaligus CSR Manager Banyan Tree Bintan dimana beliau berbicara tentang peluang dan tantangan pariwisata berkelanjutan pasca covid-19, (2) Dr. Ute Lies Siti Khadijah yang berprofesi sebagai dosen Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjutan Sekolah Pacasarjana Universitas Padjajaran dan beliau berbicara tentang kemasan baru pariwisata di Indonesia, pada kesempatan webinar ini beliau menyampaikan bahwa “pariwisata adalah salah satu industri terbesar yang paling cepat berkembang di dunia dan diharapkan memainkan peran penting dalam mendapatkan kembali stabilitas social-ekonomi setelah pandemi covid-19”. (3) Hendra Yusran Siry, PhD merupakan senior policy analyst di Kementrian Kelautan dan Perikanan yang berbicara tentang new normal wisata bahari, beliau menyampaikan bahwa “sektor pariwisata mau tidak mau harus bangkit dalam menghadapi pandemi covid-19”, pada kesempatan ini juga beliau menyampaiakan SOP umum new normal pariwisata seperti mengukur suhu, pakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, pembatasan operasional, sistem pengawasan, crowd management yang harus dilakukan dan dipatuhi dalam melaksanakan kegiatan pariwisata. (4) Wahyudin, S.Pi.,M.Si yang merupakan PhD Candidate Hiroshima University Jepang sekaligus dosen pada Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, FIKP UMRAH yang berbicara tentang pariwisata pesisir dan laut pasca pandemi covid-19 melalui pendekatan ekosistem (ipp).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here